Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Makan Kacang Rendam untuk Kesehatan

Ini Manfaat Makan Kacang Rendam untuk Kesehatan

Salah satu camilan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi setiap hari adalah ragam jenis kacang-kacangan. Selain bisa menjadi sumber protein nabati, kacang juga kaya akan serat dan memiliki lemak sehat yang dibutuhkan tubuh.

Umumnya, kacang dikonsumsi dengan cara digoreng, direbus, atau dicampurkan ke menu masakan lain. Namun ternyata, kacang mentah yang hanya direndam begitu saja juga dapat memberikan manfaat kesehatan, apalagi jika dimakan saat pagi hari.

Manfaat Kacang Rendam

Selain mengandung protein, serat, dan lemak baik, kacang juga memiliki kalium, magnesium, fosfor, vitamin B, serta asam fitat dan sejenisnya. Dilansir dari Times Now News, Avni Kaul, seorang ahli gizi dari New Delhi, India, mengungkapkan bahwa kandungan tersebut membuat kacang kaya akan manfaat jika dikonsumsi, di antaranya:



1. Menjaga kesehatan jantung.

2. Membantu menurunkan berat badan.

3. Mencegah risiko penyakit batu empedu.

4. Mengatur kadar gula darah tetap normal.

5. Membantu mengobati masalah kulit.

6. Meningkatkan fungsi otak.

7. Menurunkan asam lambung dan gas, sehingga kesehatan pencernaan tetap terjaga.

8. Menggurangi rasa nyeri di punggung saat udara dingin.

Cara Merendam Kacang


Biasanya, kacang yang baik untuk direndam dan dikonsumsi adalah kacang almond, kenari, atau pecan. Pastikan bahwa kacang sudah bersih dari kotoran dengan dicuci seperti biasa. Kemudian, rendam kacang dengan langkah-langkah yang tepat, seperti yang ditulis dalam buku Nourishing Traditions: The Cookbook that Challenges Politically Correct Nutrition and the Diet Dictocrats karya Sandy Fallon, berikut ini:

Bahan:



• 4 cangkir kacang mentah (jenis kacang sesuai selera)

• 1 sendok makan garam laut

• Air yang disaring

• Mangkuk kaca besar atau toples besar dengan tutupnya saringan

• Dehidrator makanan atau oven yang dipanaskan dengan suhu sangat rendah.

Cara Membuat:

1. Masukkan kacang mentah ke dalam mangkuk atau toples kaca. Isi dengan air yang disaring hingga benar-benar penuh.

2. Tambahkan garam laut, kemudian aduk.

3. Tutup mangkuk atau toples dan biarkan kacang direndam selama minimal 7 jam hingga semalaman.

4. Setelah direndam sesuai waktu, tiriskan kacang dan buang air rendaman.

5. Tata kacang di atas loyang dan masukkan ke dalam oven sebagai tahap pengeringan. Untuk menguji kematangan kacang, belah dua menjadi dua. Jika kering di dalam, maka sudah matang. Semakin kecil biji atau kacang, semakin pendek waktu pengeringan.

6. Tempatkan kacang yang sudah kering dalam wadah kedap udara, dan simpan untuk dijadikan camilan atau teman sarapan keluarga. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   kacang,   kacang rendam,   nutrisi