Mother&Baby Indonesia
5 Jenis Olahraga yang Bisa Lancarkan Buang Air Besar

5 Jenis Olahraga yang Bisa Lancarkan Buang Air Besar

Saat harus di rumah saja seperti saat ini, aktivitas fisik pun berkurang menjadi tak seaktif biasanya. Padahal, tubuh yang kurang aktif bisa membuat BAB (buang air besar) kurang lancar lho, Moms. Untuk itu, Moms perlu tetap semangat bergerak dan berolahraga ringan, agar tubuh sehat dan BAB pun lancar.

“Rutin bergerak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran cerna kita,” ujar Hannah Daugherty, personal trainer dan health coach, pada Sheknows.com. Hannah juga memberi tips beberapa pilihan olahraga yang efektif melancarkan BAB. Penasaran? Siapkan pakaian olahraga, Moms!

Latihan Kardio

“Berlari, melompat, berenang, bersepeda, dan berjalan adalah contoh aktivitas fisik yang membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi hormon stres sehingga melancarkan sistem pencernaan,” jelas Hannah.



Jump Squat

Menurut Bianca Kamhi, instruktur yoga sekaligus pelatih nutrisi, jump squats membantu melancarkan gerakan peristaltik saat BAB. Untuk mencobanya, lakukan gerakan jump squat dengan merenggangkan kedua kaki secara bergantian. Kamhi menyarankan untuk melakukan ini sebanyak 10-15 kali per hari. Mudah kan, Moms?

Latihan Pernapasan

Anal sphincter (lubang anus) merupakan bagian dari otot dasar panggul. Maka jika Anda bermasalah dengan BAB, Anda bisa meminta bantuan pelatih pribadi yang pakar di terapi otot dasar panggul,” saran Sara Reardon, founder NOLA Pelvic Health, pada Sheknows.com.

Menurut Sara, latihan pernapasan diafragma membantu melancarkan peredaran oksigen ke sel-sel tubuh, sehingga fungsi otot-otot tubuh pun semakin optimal. Dengan begitu, otot anal sphincter pun semakin kuat, BAB lancar, dan risiko hemoroid (wasir) pun berkurang.



Yoga

Beberapa posisi yoga sangat baik untuk meningkatkan fungsi saluran pencernaan. “Gerakan memutar yang lembut seperti supine twist membantu menggerakkan makanan ke sistem pencernaan dan membersihkan organ dalam perut dari kotoran membandel. Ini seperti ‘pijat’ lembut untuk organ-organ di dalam tubuh,” jelas Stephanie Fowler, pengajar yoga.

Pose-pose yoga yang bisa Anda coba untuk melancarkan BAB adalah supine twist, seated spinal twist, wind-relieving pose, dan child’s pose. Agar tidak salah dalam melakukan gerakan yoga, pastikan Anda diawasi oleh instruktur yang berpengalaman ya, Moms. 

Tak bisa latihan yoga karena harus #DiRumahAja? Kini banyak kelas yoga online yang bisa Anda ikuti kok, Moms, bahkan banyak yang gratis, lho! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: olahraga,   yoga,   buang air besar,   pencernaan,   kesehatan