Mother&Baby Indonesia
Tips Cegah Mata Lelah Karena Menatap Layar Terlalu Lama

Tips Cegah Mata Lelah Karena Menatap Layar Terlalu Lama

Wabah virus corona yang hingga kini belum menampakkan tanda-tanda mereda membuat segala aktivitas harus dilakukan di rumah, seperti bekerja dan belajar, hingga beberapa waktu ke depan, demi mencegah penyebaran COVID-19.

Buat sebagian orang, bekerja di rumah bisa sangat menyenangkan dan santai. Namun buat sebagian yang lain, WFH bisa berarti work for hours. Bisa jadi waktu Anda seharian akan tersita di depan laptop untuk menyelesaikan laporan pekerjaan atau melakukan online meeting selama berjam-jam dan seolah tiada henti.

Hal ini tentu saja bisa menimbulkan rasa lelah pada mata Anda dan menyebabkan masalah. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mencegah mata lelah akibat terlalu lama menatap layar laptop maupun ponsel, seperti dikutip dari laman Boldsky.



1. Sering Istirahat sejenak

Terus menerus bekerja hingga berjam-jam bisa membuat mata mendapat masalah. Untuk mengatasinya, sering-seringlah mengambil istirahat sejenak, misalnya mengambil waktu jeda sekitar 5 menit di sela-sela pekerjaan yang Anda lakukan di depan layar laptop. Ini bisa membuat mata Anda merasa rileks dan penglihatan Anda pun akan merasa nyaman kembali.

2. Posisikan layar laptop dengan benar

Saat mulai bekerja di depan laptop, pastikan Anda menyesuaikan layar laptop terlebih dulu dengan posisi yang benar, yaitu tempatkan perangkat tersebut sedikit di bawah, sekitar 30 derajat setinggi mata. Posisi ini mampu mengurangi tekanan pada mata serta mencegah leher dan bahu tidak menekuk, sehingga mengurangi risiko terjadinya sakit saat bekerja.

3. Sesuaikan pencahayaan

Pencahayaan yang tepat di dalam ruang kerja sangat penting dan berpengaruh dalam mengurangi ketegangan mata. Karena itu, sesuaikan pencahayaan ruangan Anda. Cahaya yang kurang di dalam ruangan akan berakibat pada peningkatan tekanan untuk mata sehingga mata akan menjadi sakit. 



4. Sering berkedip

Kedipkan mata Anda sesering mungkin. Hal ini bisa membantu melembabkan mata dan menghindari gejala mata kering. Banyak orang sering lupa berkedip saat bekerja dalam waktu berjam-jam. Kondisi tersebut tentu menyebabkan masalah mata seperti kering, gatal, dan penglihatan berfluktuasi. Dianjurkan untuk membiasakan berkedip sekitar 10-20 kali setiap menit guna mengurangi ketegangan mata.

5. Gunakan kacamata

Mengenakan kacamata saat bekerja bisa membantu Anda untuk melihat layar dengan nyaman, terutama jika Anda juga memiliki masalah dengan penglihatan, seperti rabun jauh dan rabun dekat. Anda juga bisa memakai kacamata anti radiasi yang dirancang untuk mengurangi paparan sinar atau silau, meningkatkan kontras, dan mengoptimalkan penglihatan Anda agar lebih mudah dan nyaman melihat layar dalam waktu lama.

6. Ubah ukuran font

Ukuran font tulisan yang kecil akan menambah ketegangan mata saat Anda berusaha membaca tulisan di laptop. Sebaliknya, ukuran font yang lebih besar cenderung mengurangi ketegangan mata. Untuk itu, sesuaikan ukuran font, terutama saat Anda membaca dokumen yang panjang. Kombinasi font berwarna hitam pada layar putih juga memberikan kenyamanan terbaik saat bekerja.

7. Jangan terlalu dekat mata

Orang yang memegang perangkat digital dekat dengan mata mereka berisiko lebih tinggi mengalami ketegangan mata. Tidak masalah Anda bekerja pada laptop layar kecil atau melihat layar ponsel, tapi selalu pastikan jarak laptop atau ponsel sejauh 50-100 cm dari mata Anda ya, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   mata lelah,   work from home