Mother&Baby Indonesia
Ini Arti Code Blue Asthma yang Dialami Didi Kempot

Ini Arti Code Blue Asthma yang Dialami Didi Kempot

Hari ini kabar duka datang dari dunia musik Indonesia. Didi Kempot, seorang penyanyi campur sari yang melejit lewat lagu Pamer Bojo dikabarkan meninggal dunia pada 5 Mei 2020, tepatnya pukul 07:30 WIB, di Solo, Jawa Tengah.

Di media sosial sempat beredar kabar meninggalnya The Godfather of Broken Heart ini disebabkan code blue asthma. Istilah medis ini mungkin masih terasa asing di telinga. Untuk mengetahui pengertian dari code blue asthma, mari simak penjelasan di bawah ini.

Code Blue Asthma Adalah…

Mengutip MedicineNet.com, code blue merupakan salah satu kode gawat darurat di rumah sakit atau di sebuah institusi, di mana pasien dengan cardiopulmonary arrest (henti jantung dan paru mendadak) membutuhkan bantuan tim medis segera untuk memulai resusitasi dada atau CPR.



CPR adalah cardiopulmonary resuscitation, sebuah teknik kompresi dada dan pemberian napas bantuan untuk mereka yang mengalami henti jantung dan napas. Dalam istilah medis asing disebut CPR, dalam bahasa Indonesia lebih sering disebut RJP atau resusitasi jantung paru.

Kode Gawat Darurat Medis

Code blue merupakan salah satu kode gawat darurat di rumah sakit yang membutuhkan CPR segera, dan ternyata masih banyak lagi kode gawat darurat lainnya, yang seringkali dinamai dengan nama-nama warna. Seperti ada code red (merah), code black (hitam), code yellow (kuning), dan code pink (merah muda).

Setiap kode tersebut tentu memiliki arti berbeda-beda, dan beda rumah sakit mungkin beda juga kodenya. Mengutip Healthline, berikut arti dari kode-kode warna yang umum diterapkan di rumah sakit:

Code pink: Kondisi gawat darurat dengan pasien bayi atau anak-anak.

Code orange: Pasien gawat darurat akibat materi berbahaya.

Code violet: Pasien gawat darurat korban kekerasan.



Code yellow: Pasien gawat darurat karena bencana.

Code brown: Pasien gawat darurat karena cuaca yang parah.

Code white: Pasien gawat darurat dan butuh evakuasi segera.

Code green: Pasien yang butuh aktivasi gawat darurat segera.

Code silver: Pasien gawat darurat akibat luka tembakan.

Code red: Ketika rumah sakit terjadi kebakaran atau ada yang melihat api dan asap.

Code black: Ketika rumah sakit tersebut mendapat ancaman bom atau terorisme. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: didi kempot,   code blue asthma,   tindakan medis,   kesehatan










Cover April 2020