Mother&Baby Indonesia
Hal Penting saat Melakukan Konsultasi Kesehatan Virtual

Hal Penting saat Melakukan Konsultasi Kesehatan Virtual

Moms sebagai pengguna internet tentu sudah tahu ragam aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan hidup Anda. Salah satunya adalah layanan kesehatan yang menyediakan fasilitas untuk konsultasi dengan dokter terkait kondisi kesehatan Anda.

Akibat pandemi COVID-19, banyak dokter dan rumah sakit yang menyediakan fasilitas konsultasi secara online. Namun, baik melalui aplikasi kesehatan atau berkonsultasi dengan dokter yang biasa menangani kondisi Anda atau Si Kecil, perhatikan hal-hal ini terlebih dahulu sebelum melakukannya, Moms.

1. Pilih Dokter

Hal yang paling penting dan utama dilakukan adalah memilih dokter sesuai keluhan kesehatan. Selama pandemi ini, beberapa dokter dari rumah sakit tertentu telah menyediakan waktu khusus untuk melayani konsultasi secara virtual, khusunya video call.



Hal ini akan lebih mudah jika dokter yang biasa Anda atau Si Kecil temui untuk berkonsultasi memiliki waktu tersebut. Namun, apabila Moms mengandalkan aplikasi, pastikan dokter yang Anda pilih sudah tepat dengan kondisi yang dialami.

2. Tentukan Jadwal Konsultasi

Setelah memilih, ketahui jadwal dokter tersebut melayani konsultasi. Untuk diaplikasi, biasanya sudah tercantum jadwal praktik dokter secara jelas. Anda juga bisa langsung memulai obrolan untuk mengetahui kondisi kesehatan melalui fitur yang ada di aplikasi tersebut.

Berbeda dengan dokter di rumah sakit, Moms bisa mencari informasi dengan menelepon langsung ke rumah sakit mengenai jam praktik dokter. Selain itu, Anda juga bisa langsung menanyakan jadwal langsung kepada dokter yang bersangkutan.



3. Catat Kondisi

Sebelum berkonsultasi, ada baiknya jika Moms telah mencatat kondisi kesehatan yang sedang Anda atau Si Kecil alami. Hal ini akan memudahkan dokter untuk mendiagnosis kondisi tubuh. Pastikan untuk menjelaskan kondisi secara rinci agar tidak membingungkan dokter dalam menganalisis kesehatan Anda atau Si Kecil.

Selama berkonsultasi, Anda juga bisa mencatat sendiri apa yang dijelaskan dokter, termasuk cara mengatasinya secara mandiri di rumah. Dengan begitu, kondisi kesehatan tubuh akan menjadi lebih baik dan juga bisa mendapat penanganan yang tepat sesuai anjuran dokter.

4. Jika Ada Resep…

Apabila setelah berkonsultasi ada resep yang harus dikonsumsi, maka Anda bisa meminta bantuan dokter atau rumah sakit untuk mengirimkannya langsung ke rumah. Hal ini akan lebih mudah jika menggunakan aplikasi kesehatan, karena mereka biasanya sudah memiliki fitur sendiri untuk mengirimkan obat yang dianjurkan dokter ke tempat tinggal Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   konsultasi kesehatan,   konsultasi virtual,   konsultasi digital,   pandemi,   covid-19










Cover April 2020