Mother&Baby Indonesia
 6 Trik Merawat Kulit Tetap Sehat Bercahaya saat Puasa

6 Trik Merawat Kulit Tetap Sehat Bercahaya saat Puasa

Saat berpuasa, pola tidur dan makan tentu berubah. Dan kedua hal ini sangat memengaruhi kesehatan kulit Anda, Moms. Maka kulit dan bibir yang kering dapat menjadi teman sehari-hari selama puasa. Tapi berpuasa tak berarti kulit wajah harus terus menjadi kering dan kusam. Ketahui beberapa trik merawat kulit selama puasa agar tetap cerah dan sehat berikut ini, Moms!

1. Gunakan Pelembap

Menggunakan pelembap merupakan kewajiban dalam langkah merawat kulit, terlebih lagi selama puasa. Berkurangnya asupan air selama puasa dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi, membuatnya kering dan rentan rusak. Maka dari itu, jangan pelit menggunakan pelembab kulit Anda selama bulan puasa. Anda juga bisa menyediakan facial mist, rosewater atau aloe yang merupakan pilihan tepat untuk menenangkan dan menjaga kelembapan kulit ekstra.

2. Tetap Penuhi Kebutuhan Air Harian

Walaupun berpuasa, Anda tetap wajib mengonsumsi banyak air. Idealnya, seseorang perlu mengonsumsi dua liter air sehari. Triknya, bagi porsi asupan air Anda saat sahur dan buka puasa. Anda juga bisa variasikan air minum Anda untuk memperbanyak kandungan nutrisi, dan infused water menjadi pilihan yang tepat. Variasikan air dengan lemon, timun, daun mint, nanas, strawberry, dan buah-buah lainnya, Moms.



3. Perbanyak Antioksidan

Tingkatkan asupan antioksidan Anda selama sahur maupun iftar, Moms. Asupan antioksidan yang memadai dapat sangat membantu menjaga kesehatan kulit dan melawan radikal bebas selama puasa. Buah beri, kacang almond, cokelat, dan buah delima adalah beberapa contoh makanan tinggi antioksidan yang dapat menjadi sumber vitamin dan mineral penting bagi kulit.

4. Perawatan Ekstra

Jangan lupa untuk menggunakan masker wajah sekali hingga dua kali seminggu. Selain itu, pastikan Anda mengeksfoliasi kulit dengan rutin, jangan terlalu sering tapi juga jangan terlalu jarang. Eksfoliasi dua kali seminggu dinilai cukup untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan debu yang menempel pada wajah. Kedua langkah ini mampu menjaga kulit wajah tetap kenyal dan halus.



5. Mencuci Muka Secukupnya

Cuci wajah dengan air hangat dan lakukan seperlunya. Memang selama puasa, rasanya ingin sering mencuci wajah untuk menyegarkan badan. Tapi mencuci wajah terlalu sering juga dapat membuat kulit semakin kering. Maka bila Anda membutuhkan kesegaran ekstra atau ingin mendinginkan kulit, cukup semprotkan face mist pada wajah.

6. Tabir Surya

Tabir surya memang sudah disarankan untuk digunakan setiap hari untuk melindungi kulit dari bahaya paparan radiasi sinar matahari, terlebih lagi saat berpuasa. Sesuaikan tabir surya berdasarkan kebutuhan, pastikan Anda menggunakan tabir surya khusus wajah untuk kulit wajah Anda. Bila Anda memiliki kulit berwarna terang, maka gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30. Sedangkan bila kulit Anda gelap, gunakan tabir surya dengan SPF yang tidak terlalu tinggi. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   kulit,   perawatan kulit,   puasa,   ramadan,   kulit sehat,   kulit cerah










Cover April 2020