Mother&Baby Indonesia
Hal yang Bisa Dilakukan Calon Ayah Jelang Persalinan

Hal yang Bisa Dilakukan Calon Ayah Jelang Persalinan

Proses melahirkan memang hanya akan dijalani oleh seorang ibu. Namun, segala persiapan hingga momen persalinan terjadi, tentu harus ada campur tangan sang calon ayah. Agar tak bingung saat harus menghadapi situasi ini, Dads harus baca panduan berikut ini yang akan membantu Anda menyiapkan segala hal menjelang persalinan.

1. Diskusi Rencana Persalinan

Sebagai calon ayah, Dads tentu perlu tahu proses dari persalinan itu sendiri ada banyak ragam, normal atau caesar, hypnobirthing atau waterbirth, di rumah sakit bersalin atau di rumah sendiri. Belum lagi jika Anda ingin mendokumentasikan proses melahirkan, perlu bantuan jasa videografer profesional atau bisa dilakukan sendiri. Semua hal tersebut, terutama urusan biaya yang akan dikeluarkan harus didiskusikan terlebih dahulu dan disepakati dengan keputusan Moms.

2. Persiapkan Tas Bersalin

Moms tentu yang paling tahu isi dari tas yang sudah disiapkan menjelang persalinan. Namun tetap saja, Dads juga perlu membantu dengan membeli hal-hal yang dibutuhkan dan turut menatanya dengan rapi dan seksama. Jika perlu, buatlah catatan khusus hal-hal yang akan dimasukkan ke dalamnya untuk meminimalisir kemungkinan tertinggal ketika waktu persalinan tiba.



3. Membeli Perlengkapan Bayi

Apabila tas untuk bersalin sudah siap, Dads juga bisa memikirkan apa saja yang dibutuhkan setelah bayi lahir. Misalnya car seat, boks tidur, stroller, atau pagar pembatas di dalam rumah dan Anda pun dapat merakitnya sendiri. Hal ini tentu perlu dipikirkan demi menjaga keselamatan dan keamanan Si Kecil nanti saat di dalam rumah atau ketika berjalan-jalan.

4. Siap Mental

Biaya persalinan dan tempat bersalin sudah ditentukan, perlengkapan untuk Si Kecil pun sudah dipenuhi. Tapi masih ada hal penting yang perlu Dads siapkan juga, yaitu mental untuk menjadi ayah bagi anak-anak nanti. Setelah Si Kecil lahir, dunia Anda dan pasangan tentu akan berubah drastis dan ini membutuhkan mental yang kuat untuk menjalaninya dengan sabar dan tetap bahagia.



5. Tunjukkan Rasa Cinta

Mood para Moms selama kehamilan memang suka naik-turun. Karenanya, Dads harus belajar lebih peka dengan situasi yang pasangan rasakan. Yang terpenting, Anda harus selalu siap untuk berada di sisinya dengan memberi pelukan hangat, atau sekadar mengelus punggungnya ketika terasa nyeri. Jangan lupakan juga urusan bercinta yang tetap bisa dilakukan, bahkan dianjurkan oleh dokter untuk melakukannya karena bisa memengaruhi mental Moms juga, nih.

6. Bantu Mengurus Rumah

Menjelang persalinan, Dads sepertinya juga harus belajar untuk membersihkan rumah. Kondisi Moms yang cepat lelah bisa membuatnya kurang maksimal dalam menjaga dan merawat tempat tinggal atau kamar saat menunggu persalinan. Jadi, peran Anda sebagai ‘tukang bersih-bersih’ harus ditunjukkan di saat seperti ini, Dads.

7. Kabari Keluarga

Ada beberapa pasangan suami-istri yang ingin merahasiakan kelahiran Si Kecil dengan berbagai alasan. Hal ini tentu perlu didiskusikan antara Anda berdua, demi kenyamanan bersama. Jika ini bukan keputusan yang akan diambil, maka Dads bisa mengabari anggota keluarga atau kerabat dekat untuk ikut menemani proses persalinan agar perasaan tenang tetap ada antara Anda dan Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   persalinan