Mother&Baby Indonesia
Yuk, Ajak Anak Bermain dengan Bola, Ini Manfaatnya!

Yuk, Ajak Anak Bermain dengan Bola, Ini Manfaatnya!

Ternyata, tidak hanya menyenangkan, mainan juga berperan penting bagi perkembangan anak. Salah satu mainan anak yang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan Si Kecil adalah bola. Mainan bola untuk anak-anak memiliki beragam jenis, mulai dari yang terbuat dari kain, karet, atau silikon, dan ada juga yang berbentuk padat, berisi angin, hingga berbunyi ketika digulirkan atau dipantulkan.

Bermain dengan bola diketahui dapat meningkatkan keterampilan motorik anak, koordinasi tangan, mata, dan waktu, yang merupakan bagian penting dari perkembangan anak. Untuk lebih lengkapnya, inilah manfaat bermain dengan mainan bola bagi Si Kecil.

1. Memperkuat Keterampilan Motorik 

Berdasarkan Penelitian yang berjudul The Efficiency of Infants' Exploratory Play Is Related to Longer-Term Cognitive Development, dikatakan bahwa bola adalah salah satu mainan yang harus dimiliki oleh seorang anak. Mengapa? Ini karena bola dapat membantu memperkuat keterampilan motorik, membiasakan anak-anak dengan lingkungan mereka, mengembangkan mobilitas tubuh bagian atas, membantu mereka tumbuh lebih kuat, dan mengembangkan otot yang mereka butuhkan untuk berlari dan melompat.



2. Melatih Keseimbangan

Pada umumnya, Si Kecil akan tertarik pada benda-benda yang bergulir, seperti bola. Menggulirkan bola akan melibatkan banyak otot dan koordinasi tubuh anak, sehingga ia akan belajar untuk menyeimbangkan tubuhnya.

Permainan bola akan membuat anak merasa mengendalikan sesuatu selain dari gerakannya sendiri, sehingga hal ini dapat membantu melatih keseimbangan dan memungkinkan anak untuk berlatih mentransfer objek dari satu tangan ke tangan lainnya.



3. Mengembangkan Koordinasi Tangan-Mata dan Keterampilan dalam Pengaturan Waktu

Dikutip dari Livestrong, bermain dengan bola dapat membantu pengaturan waktu anak, misalnya permainan bola basket atau sepakbola. Ini karena, saat anak menggiring bola basket, ia menciptakan ketukan dan memerlukan waktu sebelum mereka melemparkan dan memasukan bola ke dalam ring basket. Sama halnya dengan menendang bola, anak akan berlatih mengatur waktu sebelum mencoba memasukan bola ke dalam gawang. Atau saat menangkap bola, anak akan mengatur waktu yang tepat sebelum menangkap bola.

Selain itu, mengajak anak bermain bola sederhana seperti permainan melempar dan menangkap bola sejak dini dapat membantu Si Kecil mengembangkan koordinasi tangan dan matanya. Pengembangan koordinasi tangan-mata ini dapat membantu anak untuk tetap fokus saat membaca atau menulis untuk memastikan tulisan tetap berada di dalam garis.

4. Mengembangkan Fungsi Kognitif 

Ternyata, permainan bola dapat membantu mengembangkan fungsi kognitif pada anak. Ini karena, permainan bola akan mengajarkan anak-anak untuk mengantisipasi gerakan bola, arah, dan kecepatan. Melatih fungsi kognitif sejak dini dapat membantu meningkatkan ingatan dan keterampilan kognitif anak, sehingga Si Kecil akan lebih mudah memahami pelajaran saat duduk di bangku sekolah. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Proostoleh/Freepik) 



Tags: anak,   balita,   main bola