Mother&Baby Indonesia
Wajib Tahu! Ini Pentingnya Playdate bagi Anak

Wajib Tahu! Ini Pentingnya Playdate bagi Anak

Moms, apakah Anda pernah mendengar mengenai kegiatan bermain anak yang disebut playdate? Saat ini, playdate memang tengah menjadi sebuah tren, di mana Moms membuat rencana bersama teman yang memiliki anak usia sebaya untuk bermain bersama.

Tapi tahukah Anda, ternyata playdate tidak hanya sekadar bermain bersama saja. Ada beberapa manfaat playdate untuk anak dan juga Moms, lho. Mau tahu apa saja? Simak artikel ini sampai habis ya, Moms!

1. Anak terbiasa bersosialisasi

Playdate menjadi cara untuk anak mengenal lingkungan sosialnya. Anak harus diajarkan untuk bersosialisasi sejak dini agar ia mampu beradaptasi dengan orang dan lingkungan baru yang akan berguna untuknya di kemudian hari.



2. Moms mendapat teman untuk berbagi

Tak hanya bermanfaat untuk anak, playdate ternyata juga dapat memberi manfaat untuk Anda, Moms. Karena sembari anak bermain, Anda dapat berinteraksi dan berbagi cerita dengan orang tua lainnya. Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, stres dan perasaan cemas kerap kali datang apalagi jika anak sedang sakit atau tidak nafsu makan.

Oleh karena itu, berbagi cerita dan pengalaman dengan sesama ibu lainnya diharapkan dapat membantu Moms mengurangi stres dan perasaan cemas. Jadi, tidak hanya anak saja yang happy bermain dengan teman sepermainannya, tetapi juga Anda, Moms!

3. Mengajarkan untuk berbagi

Tidak hanya baik untuk membiasakan anak bersosialisasi dengan lingkungannya, playdate juga mampu mengajarkan anak untuk berbagi dengan orang lain. Pada saat bermain bersama, ajarkan anak untuk berbagi mainan dengan teman sebayanya. Dengan begitu anak dapat memahami bahwa penting untuk berbagi apa yang ia miliki dengan orang lain.



4. Menumbuhkan kecerdasan emosional

Manfaat lainnya dari playdate adalah dapat menumbuhkan kecerdasan emosi pada anak dalam membangun rasa empati, tenggang rasa, dan negosiasi. Pada saat bermain, anak akan bertemu dengan anak-anak lainnya yang berbeda karakter dengannya. Inilah yang kemudian dapat merangsang kecerdasan emosional anak.

5. Anak aktif bergerak

Sebagaimana diketahui, saat ini ruang bermain anak sangatlah terbatas. Alhasil, anak jadi lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar ponsel pintar. Oleh karena itu, playdate menjadi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dan mencegah anak kecanduan gadget.

Buatlah rencana playdate bersama teman sepermainannya, semisal bermain bola, berlari atau berenang bersama, semuanya bisa menjadi pilihan kegiatan agar anak Anda lebih aktif bergerak. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   playdate,   manfaat playdate