Mother&Baby Indonesia
10 Makanan agar Anak Cepat Tinggi

10 Makanan agar Anak Cepat Tinggi

Semua orang tentu ingin anaknya bisa tumbuh optimal. Jika bicara mengenai tinggi badan anak, sekitar 60-80 persen memang dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan, namun asupan nutrisi dan olahraga juga turut berperan tinggi untuk menunjang tinggi anak lho, Moms.

Mau Si Kecil memiliki tinggi badan yang optimal? Yuk, berikan ia aneka makanan kaya nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhannya. Menurut Swati Patwal, M.Sc, pakar nutrisi dari Mom Junction, berikut 10 jenis makanan yang bisa membantu anak cepat tinggi.

1. Telur




Sebutir telur kaya akan asam amino penting dan memiliki 6.5 gram protein. Selain itu, telur juga tinggi akan vitamin D, asam lemak omega-3, selenium, dan iodin. Itulah yang menjadikan telur ‘bahan bakar’ yang baik untuk pertumbuhan tulang anak.

2. Susu


Sudah bukan rahasia lagi, susu kaya akan protein, vitamin (seperti vitamin D), dan mineral (seperti potasium, kalsium, fosfor, dan magnesium). Semua nutrisi tersebut penting untuk menunjang pertumbuhan tulang anak lho, Moms.

3. Kedelai


Ini solusi tepat bagi anak yang alergi susu sapi. Beberapa produk kedelai seperti susu kedelai, tahu, tempe, adalah contoh makanan tinggi protein yang bisa dibilang mirip dengan protein hewani. Walau rasanya cukup berbeda, namun manfaatnya hampir sama dalam mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak.

4. Daging Merah


Daging merah seperti daging sapi kaya akan protein dan mikronutrien seperti kalsium. Semua kandungan tersebut baik untuk mencegah anak mengalami anemia, yang bisa melemahkan atau mengganggu pertumbuhan Si Kecil.

5. Ikan


Ikan, kalkun, dan ayam tanpa kulit adalah sumber protein yang rendah lemak jenuh. Tentu saja ini pilihan yang baik untuk Si Kecil agar cepat tinggi, Moms.



6. Kacang-kacangan


Tak hanya tinggi protein, kacang-kacangan juga enak dan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung kalsium dan serat diet yang sangat penting untuk dikonsumsi Si Kecil yang sedang bertumbuh. 

7. Sayuran Hijau


Jika anak Anda alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, maka sayuran hijau bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Ini juga sumber vitamin K yang baik, yang tentu saja penting untuk memelihara kesehatan tulang anak. Contoh sayuran hijau yang tinggi kalsium adalah bok choy, kale, bayam, dan kangkung.

8. Biji-bijian


Hampir semua jenis biji-bijian mengandung protein dan mineral seperti kalsium. Salah satu contoh yang tinggi kalsium adalah chia seeds, yang tentu baik untuk dikonsumsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan Si Kecil agar cepat tinggi.

9. Buah Tinggi Mineral


Beberapa buah tergolong tinggi aneka mineral penting dan jumlah kalsium yang cukup untuk menunjang pertumbuhan tulang anak. Contohnya adalah jeruk, aprikot, kiwi, dan nanas. Namun bukan berarti anak hanya boleh makan buah-buahan itu ya, Moms. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Moms perlu memberikan berbagai jenis makanan sehat dan bervariasi.

10. Padi-padian


Makanan yang satu ini mungkin tidak terlalu banyak mengandung kalsium, namun padi-padian merupakan sumber magnesium yang baik lho, Moms. Magnesium penting untuk menjaga kesehatan tulang anak dan mengoptimalkannya. Selain beras merah, Moms bisa memberikan gandum, barley, dan quinoa untuk Si Kecil. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   nutrisi,   makanan,   kesehatan,   pertumbuhan anak










Cover April 2020