Mother&Baby Indonesia
14 Ragam Protein Nabati Terbaik untuk MPASI Balita

14 Ragam Protein Nabati Terbaik untuk MPASI Balita

Protein menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk diberikan kepada Si Kecil. Nutrisi ini berfungsi untuk membantu pembentukan tulang, otot, dan antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Bahan makanan yang memiliki protein ini umumnya merupakan lauk pauk yang diberikan kepada anak, terutama saat MPASI.

Mungkin Moms lebih familiar dengan protein hewani yang terkandung pada daging merah, ikan, atau telur. Namun, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan protein nabati atau yang didapat dari tumbuh-tumbuhan, sehingga tidak mengandung kolestrol tinggi. Apa saja jenis protein nabati yang bisa disajikan untuk MPASI Si Kecil? Berikut selengkapnya, Moms.

1. Kacang Kedelai

Kadar protein dalam 100 gram kacang kedelai adalah sekitar 30,2 gram. Moms bisa memberikannya kepada Si Kecil dalam bentuk susu yang diolah sendiri, atau dimasak dengan cara tumis maupun goreng dengan rasa yang enak. Selain protein, kacang kedelai juga mengandung antioksidan yang penting untuk tubuh.



2. Tahu

Tahu merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai yang melalui proses fermentasi. Cara menghasilkannya adalah dengan mengambil sari dari kedelai, lalu mencetaknya dengan berbagai bentuk. Hal ini membuat tahu memiliki tekstur yang lembut, mudah diolah, dan dapat dimakan dengan ragam menu lainnya.

3. Tempe

Satu lagi produk yang dihasilkan dari fermentasi kacang kedelai adalah tempe. Setidaknya, ada 10 gram protein dalam 4 potongan tempe. Selain kaya protein, tempe juga bisa menjadi sumber serat, kalsium, serta zat besi yang baik untuk Si Kecil.

4. Edamame

Sering disebut mirip dengan kacang kedelai, edamame merupakan salah satu jenis kacang yang berasal dari Jepang. Di dalamnya mengandung 11,4 gram protein, karbohidrat, serat, kalsium, dan fosfor. Maka tak heran jika edamame juga bisa menjaga kesehatan tulang Si Kecil. Tak hanya dimakan langsung, Moms juga bisa menumis edamame dengan jenis sayuran lainnya.

5. Alpukat

Buah alpukat juga bisa menjadi sumber protein nabati, dengan kandungan protein sekitar 2 gram. Selain protein, alpukat juga kaya akan asam folat, niacin, riboflavin, serat, zinc, dan lemak yang baik. Terdapat juga kandungan mangan yang berfungsi menjaga kinerja otak dan syaraf. Untuk penyajian, bisa dengan dijadikan jus, bahan tambahan membuat kue cokelat vegetarian, atau juga dimakan langsung.

6. Buncis

Sayuran buncis mengandung setidaknya 1,8 gram protein dalam 100 gramnya. Memberikan buncis kepada Si Kecil juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C serta vitamin A untuk menjaga kesehatan matanya.

7. Kacang Panjang

Kacang panjang yang tampak serupa dengan buncis juga memiliki kandungan protein sekitar 2,8 gram. Teksturnya yang krispi tentu menjadikan MPASI Si Kecil jadi berbeda dan mungkin akan menjadi sayuran favoritnya.




8. Brokoli

Sayur berwarna hijau lain yang menjadi sumber protein nabati lainnya adalah brokoli. Setiap 90 gramnya mengandung 2,5 gram protein, dan juga kaya serat, karbohidrat, dan ragam mineral lainnya. Untuk menu MPASI Si Kecil, Moms bisa mengolahnya dengan direbus tanpa garam. Brokoli pun bisa menjadi finger food atau dijadikan puree yang lezat untuk anak Anda.

9. Jagung

Jagung menjadi sumber protein nabati lain yang pasti digemari Si Kecil, karena bentuknya kecil, berwarna kuning terang, dan memiliki rasa manis. Dalam 100 gram jagung, ada sekitar 9,5 gram protein, juga terkandung lemak, karbohidrat dan serat. Selain direbus atau dikukus dan dimakan langsung, jagung juga bisa diolah menjadi jus, puree, atau puding, lho!

10. Kacang Merah

Jenis kacang lain yang kaya akan protein sekaligus zat besi adalah kacang merah. Hal ini tentu akan membantu menjaga kesehatan tubuh serta mencegah anemia defisiensi besi pada Si Kecil. Kandungan karbohidrat dan asam lemak omega-3 di dalamnya pun menjadikan kacang merah sebagai bahan menu MPASI yang pas untuk anak Anda, Moms.

11. Kacang Hijau

Tak hanya kacang merah, kacang hijau juga kaya akan protein, dan juga karbohidrat serta serat yang dibutuhkan Si Kecil. Hal ini akan mengurangi risiko sembelit serta menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Moms bisa mengolah 100 gram kacang hijau, misalnya sebagai bubur untuk mendapatkan 22,2 gram protein.

12. Kacang Tanah

Kacang tanah juga menjadi sumber protein yang memiliki asam amino, untuk tumbuh kembang optimal bayi Anda. Dalam 100 gram kacang tanah, terdapat 27 gram protein, karbohidrat, kolin, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya.

13. Kacang Almond

Memberikan kacang almond sebagai sumber protein dalam MPASI Si Kecil tentu sangat direkomendasikan. Sebab, setiap ukuran satu ons, terkandung 6,5 gram protein, serta zat besi, serat pangan, dan kalsium. Selain itu, almond juga kaya akan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit bayi. Moms bisa mengolahnya menjadi susu atau menghaluskannya dan dicampur ke menu makanan bayi.

14. Kacang Polong

Selain kacang hijau, kacang polong yang juga berwarna hijau tentu bisa diolah menjadi MPASI bayi. Dalam setiap 100 gramnya mengandung sekitar 25 gram protein, dengan rasa yang pasti disukai Si Kecil. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   nutrisi,   protein,   protein nabati,   mpasi










Cover Mei-Juni-Juli 2020