Mother&Baby Indonesia
Tips agar Anak Asyik Main Sendiri saat Orang Tua WFH

Tips agar Anak Asyik Main Sendiri saat Orang Tua WFH

Saat bekerja #DiRumahAja atau work from home (WFH) selama pandemi COVID-19 ini, mungkin fokus Anda untuk bekerja akan sedikit terbagi dengan adanya Si Kecil di rumah. Terlebih bila Si Kecil masih bayi dan sangat butuh perhatian Anda.

Di usia bayi, Si Kecil memiliki rasa penasaran dan keinginan untuk bermain yang tinggi. Bila ia tidak memiliki seseorang yang bisa diajak untuk berinteraksi saat bermain, tentu ia akan menangis sebagai tanda ia meminta perhatian, terutama pada Anda, Moms.

Karena Anda harus fokus dan menyelesaikan pekerjaan Anda, tentu Anda tidak bisa menemani Si Kecil bermain dalam waktu yang lama. Maka beberapa tips berikut bisa Anda terapkan agar Si Kecil bisa asyik bermain sendiri dan tidak menganggu Anda saat sedang WFH.



1. Taruh Mainan Kecil di Ranjang bayi saat Ia Tidur

Saat Si Kecil bangun di pagi hari, mungkin Moms adalah orang pertama yang ia cari untuk sekadar bermanja-manja atau mengajak bermain. Namun ketika Anda menaruh mainan kecil saat ia sudah terlelap tidur di malam hari, keesokan paginya ia bisa bangun dan memainkan mainan kecil tersebut. Ketika ia sudah terbiasa, tentu ini akan membantu Anda untuk fokus bekerja. Paling tidak Si Kecil bisa bertahan bermain sendiri selama kurang lebih 10 menit sebelum benar-benar mencari Anda.

2. Berikan Mainan yang Berbeda Setiap Harinya

Biasanya Si Kecil memiliki mainan favoritnya sendiri sehingga membuatnya betah bermain. Namun sesungguhnya Si Kecil juga menyukai hal-hal baru termasuk mainan yang belum pernah ia mainkan sebelumnya. Selama menjalani WFH ini usahakan untuk memberikan mainan yang berbeda setiap beberapa minggu pada Si Kecil. Dengan memainkan mainan yang berbeda, tentu ia memiliki keinginan untuk mengeksplorasi mainan tersebut.



3. Biarkan Si Kecil Berimajinasi

Saat melihat Si Kecil bermain ketika Anda sedang bekerja, tak jarang membuat Anda ingin bergabung untuk bermain bersamanya. Namun beri ia kesempatan untuk bermain dan mengembangkan imajinasinya sendiri menggunakan mainan-mainannya. Bila Anda bisa menahan diri untuk tidak bergabung dengannya ketika ia bermain, tentu rasa penasarannya akan mainan yang ia mainkan lebih besar, sehingga ia tidak meminta perhatian Anda.

4. Biarkan Si Kecil Bereksplorasi dengan Hal Lain Selain Mainan

Anak kecil suka sekali mengamati dunia di sekitarnya. Ia bisa tertarik dengan hal yang mungkin justru tak menarik bagi orang dewasa. Misalnya lalat yang hinggap di gelas atau kertas yang tergeletak di lantai. Jadi, biarkan ia bereksplorasi dengan hal-hal lain yang ada di rumah Anda, Moms. Tak perlu khawatir, saat ia sudah penasaran akan suatu hal yang membuatnya tertarik, kemungkinan besar ia tidak akan menganggu Anda saat WFH.

5. Berikan Pilihan Mainan

Si Kecil akan menikmati waktu bermainnya ketika ia memilih mainan yang ia suka. Maka sebelum membiarkan ia bermain, berikan pilihan mainan apa yang ingin ia mainkan. Selain dapat menghibur dirinya sendiri dengan mainan yang ia pilih, ia juga akan mengembangkan kemandiriannya dalam bermain. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   work from home