Mother&Baby Indonesia
Peralatan Bayi yang Harus Dibersihkan agar Bebas Kuman

Peralatan Bayi yang Harus Dibersihkan agar Bebas Kuman

Menerapkan pola hidup bersih dan sehat penting untuk dilakukan, apalagi di saat seperti ini, ketika wabah virus corona sedang meluas. Moms tentunya tak pernah absen membersihkan rumah dan isinya agar Anda sekeluarga terbebas dari kuman penyakit.

Khusus buat Moms yang memiliki bayi, peralatan Si Kecil juga tidak boleh luput untuk dibersihkan secara rutin, lho, guna menangkal dan melenyapkan segala macam kuman, bakteri, maupun virus yang mungkin bersarang di peralatan tersebut. Tidak mau kan, jika bayi Anda terkena sakit gara-gara kuman yang menempel di peralatannya?

Apa saja peralatan bayi yang perlu dibersihkan secara rutin? Simak ya, Moms!



1. Stroller Bayi

Sebagai salah satu perlengkapan penting bagi bayi, stroller harus senantiasa dijaga kebersihannya, Moms. Pasalnya, stroller merupakan peralatan yang kerap terkena tumpahan makanan atau noda, sehingga jika tidak dibersihkan, bakteri akan tumbuh dan bersarang di sini dan bisa berakibat fatal buat bayi Anda. Tapi bagaimana cara membersihkan stroller? Moms bisa cek video YouTube Mother&Baby Indonesia untuk mengetahui triknya agar stroller bersih terawat dan Si Kecil senantiasa sehat dan nyaman.


2. Car Seat

Selain stroller, car seat juga perlu mendapat perhatian Anda untuk dibersihkan. Sisa-sisa makanan, remah biskuit, tumpahan susu, hingga mainan Si Kecil yang terselip, itu semua bisa memicu berkembangbiaknya bakteri. Untuk menghindarinya, pastikan Anda rutin membersihkan car seat, Moms.

Untuk membersihkannya, Moms bisa keluarkan car seat terlebih dahulu dari mobil, lalu balikkan posisi car seat guna menghilangkan remah-remah, debu, kotoran, dan makanan yang mungkin terselip. Bagian sela-sela car seat membutuhkan perhatian ekstra. Anda bisa gunakan vacuum cleaner untuk mengisap kotoran yang terdapat di sela-sela car seat, setelah itu gunakan kain dan pembersih untuk membersihkannya. Anda juga bisa mencucinya, baik dengan mesin cuci atau tangan, namun pastikan membaca petunjuk perawatan car seat tersebut ya, Moms.



3. High Chair

Bila Anda memiliki high chair di rumah, pastikan juga untuk selalu membersihkannya. Noda-noda bekas makanan yang menempel bisa membuat bakteri tinggal di situ. Untuk membersihkan high chair cukup simpel, lap dengan kain basah setiap Si Kecil selesai makan untuk melenyapkan noda bekas makanan yang mungkin tertinggal di high chair

Anda juga bisa mencuci high chair dengan air dan sabun khusus bayi dan bersihkan semua bagiannya dengan menggunakan spons. Setelah itu bilas dan jemur hingga kering. Hindari menyimpan high chair di tempat yang lembap.

4. Mainan Anak

Semakin sering bayi menggunakan mainan, semakin sering Anda harus membersihkannya, Moms. Apalagi jika ternyata mainan tersebut kerap masuk ke mulut Si Kecil. Untuk membersihkan mainan bayi, Anda bisa menyiramnya dengan air mengalir, lalu mencucinya dengan sabun atau detergen khusus bayi. Setelah beberapa saat, bilaslah dengan air dan jemur hingga kering.

Adapun untuk mainan elektronik, Moms bisa gunakan lap kain yang sudah dibasahi dengan air hangat dan sabun, lalu bersihkan permukaannya. Setelah itu, lap kembali dengan kain yang dibasahi air bersih. Kemudian keringkan, dan jika perlu lap kembali dengan tisu basah sehingga mainan bersih dan aman dimainkan kembali oleh Si Kecil.

5. Gendongan Bayi

Gendongan bayi juga perlu Anda cuci secara rutin untuk membersihkannya lho, Moms. Untuk mencucinya, Anda bisa gunakan detergen khusus bayi, karena detergen biasa akan meninggalkan residu yang berbahaya bagi kulit bayi yang sensitif. Sebaiknya juga Moms mencucinya dengan tangan, bukan dengan mesin cuci agar kelembutan serat kain gendongan tetap terjaga. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   peralatan bayi,   membersihkan peralatan bayi,   strolle,   car seat,   high chair