Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Minyak Jarak atau Castor Oil untuk Bayi

Ini Manfaat Minyak Jarak atau Castor Oil untuk Bayi

Sebagaimana diketahui, bayi memiliki kulit yang sangat lembut, halus, dan sensitif. Jika salah menggunakan suatu produk pada kulit bayi Anda, hal tersebut bisa menyebabkan ruam, iritasi, kulit kering, dan peradangan kulit. Oleh karena itu, sudah seharusnya Moms memperhatikan kandungan yang terkandung dalam produk perawatan bayi.

Salah satu kandungan yang baik untuk kulit bayi Anda adalah minyak jarak atau castor oil. Minyak jarak dikenal mampu untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan kesehatan pada bayi. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat minyak jarak (castor oil) untuk bayi Anda. Simak ulasannya ya, Moms!




Apakah minyak jarak aman untuk digunakan oleh bayi?

Minyak jarak aman digunakan untuk bayi. Ada banyak manfaat yang terkait dengan penggunaan minyak jarak. Namun perlu diketahui, jika digunakan dengan benar, minyak jarak dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit dan kesehatan pada bayi Anda, tetapi Moms harus menggunakannya dengan hati-hati. Apalagi jika bayi Anda memiliki kulit yang sensitif.


Apa saja manfaat minyak jarak untuk bayi?

• Minyak jarak adalah kandungan yang bagus untuk mengatasi kulit kering pada bayi. Minyak jarak berperan sebagai pelembap yang dapat membantu menjaga kulit bayi Anda tetap halus dan kenyal.

• Manfaat lainnya dari minyak jarak adalah membantu merangsang pertumbuhan rambut pada anak.

• Minyak jarak juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit perut. Caranya, panaskan air, lalu letakkan botol minyak jarak di dalamnya. Kemudian oleskan minyak jarak yang sudah dihangatkan pada perut anak Anda. 



• Ruam popok sangat umum terjadi pada bayi. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan minyak jarak dengan cara mengoleskannya pada area kulit yang mengalami ruam popok.

• Minyak jarak juga dapat Anda gunakan untuk meredakan kulit kemerahan pada bayi akibat paparan sinar matahari.

• Manfaat minyak jarak untuk bayi berikutnya adalah dapat membantu mengatasi penyakit kulit seperti eksim.

Perlu diperhatikan ya Moms, hindari penggunaan minyak jarak pada kulit bayi yang sedang mengalami luka sedang atau berat karena dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, jangan oleskan minyak jarak dekat dengan bibir, mulut, mata, atau alat kelamin. Pastikan bayi Anda tidak memasukkan minyak jarak ke mulutnya, karena minyak ini berbahaya untuk dikonsumsi.

Jika digunakan dengan benar, minyak jarak dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit dan kesehatan pada bayi. Tetapi jika salah menggunakannya dapat berakibat fatal. Oleh karena itu Moms, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan minyak jarak pada bayi Anda. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   minyak jarak,   castor oil










Cover April 2020