Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Tips Memandikan Newborn Tanpa Khawatir!

Moms, Ini Tips Memandikan Newborn Tanpa Khawatir!

Moms, mandi adalah salah satu bagian perawatan bayi yang amat penting. Dengan mandi, tubuh Si Kecil akan bebas dari kotoran dan kuman yang bisa menyebabkan gangguan kulit, seperti biang keringat atau ruam.

Tak hanya itu lho, Moms. Selain membersihkan dan menyegarkan, mandi juga ternyata dapat menstimulasi proses tumbuh kembang Si Kecil. Bayi dapat melatih indra perabanya dengan menyentuh atau memercikkan air. Percikan air yang Anda buat juga akan menarik perhatian bayi dan merangsang keingintahuannya. Selain itu, aroma sabun dan sampo yang Anda usapkan di seluruh tubuhnya juga dapat menstimulasi indra penciumannya.

Mandi pun bisa menjadi pengantar tidur yang baik bagi bayi Anda. Setelah seharian beraktivitas, bayi mungkin kelelahan sehingga merasa tidak nyaman. Mandi, apalagi jika menggunakan air hangat, akan membuat Si Kecil merasa tenang dan ototnya pun akan rileks. Rasa segar dan nyaman membuatnya mudah terlelap setelah mandi.



Waktu mandi juga bisa Moms manfaatkan untuk memperkuat ikatan atau bonding Anda dengan Si Kecil. Anda bisa melakukan ritual mandi yang menyenangkan, seperti membuka bajunya perlahan sambil mengajaknya bicara, bernyanyi, dan menatap matanya. Dengan begitu, ia akan menyadari betapa Anda mencintainya.


Memandikan Newborn, Mudah Kok!

Memandikan bayi yang baru lahir memang cukup tricky dan menantang, apalagi jika Anda adalah seorang ibu baru. Mulai dari takut salah pegang, takut bayi merasa tidak nyaman, takut bayi tergelincir dan jatuh dari gendongan saat dimandikan, hingga takut kulit sensitif Si Kecil iritasi jika Moms salah memilih produk sabun atau sampo.

Lalu, sebenarnya bagaimana sih cara memandikan newborn yang benar? Moms bisa mencoba memandikan bayi Anda dengan beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Pastikan suhu ruangan dan air yang digunakan dalam keadaan hangat. Moms disarankan untuk menggunakan air bersuhu 36-38 derajat Celsius. Jangan lupa untuk melepaskan aksesori dan cuci tangan Anda sebelum memandikan bayi ya, Moms. Ini untuk menghindari cedera dan penyebaran bakteri.

2. Persiapkan semua perlengkapan terlebih dahulu seperti waslap dan handuk, sabun dan sampo, juga popok dan baju ganti, agar Si Kecil tidak terlalu lama menunggu dan kedinginan setelah selesai dimandikan.

3. Hindari memandikan bayi saat ia kenyang atau setelah makan. Paling tidak, beri waktu sekitar 30 menit setelah makan untuk mencegah Si Kecil muntah.

4. Jangan gunakan area handuk yang sama setiap mengusap bagian tubuh. Ini untuk menghindari penyebaran kuman, terutama pada bagian bokong dan kelamin.

5. Taruhlah bayi ke dalam bak mandi yang sudah diisi air hangat dengan satu tangan menyangga tubuhnya, sehingga ia tidak tenggelam. Moms juga bisa menggunakan penyangga tubuh bayi yang aman dan nyaman agar ia tidak mudah tergelincir saat dimandikan.



6. Basuhlah tubuh Si Kecil dengan air hangat secara perlahan, mulai dari rambut, wajah, hingga ujung kakinya.

7. Penting untuk dilakukan, perhatikan merek dan kualitas sabun dan sampo Si Kecil untuk menghindari iritasi kulit. Pastikan bahan-bahannya aman, lembut untuk kulit sensitifnya, dan sudah teruji secara klinis.

8. Selama mandi, jalin kontak dengan Si Kecil saat mandi lewat komunikasi atau nyanyian untuk membuatnya tenang.


Agar Moms Bebas Worry saat Memandikan Si Kecil

Moms, merawat kesehatan kulit bayi tentu sangat penting, terutama penggunaan produk mandi untuk kulit sensitifnya. Penggunaan sabun dan sampo bertujuan untuk memelihara dan menjaga kulit, termasuk kulit kepalanya, agar tetap bersih, lembap, serta terlindung dari kekeringan dan iritasi.

Saat ini, banyak jenis produk sabun dan sampo bayi yang beredar di pasaran. Namun, apakah produk-produk tersebut aman dan baik untuk kesehatan kulit Si Kecil? Duh, salah-salah memilih produk, alih-alih menjadi bersih dan sehat, kulit Si Kecil malahan bisa iritasi. Moms pastinya tak ingin ini terjadi, kan?

Nah, Moms bisa mencoba MY BABY Hair & Body Wash. Produk sampo dan sekaligus sabun dalam kemasan ini memiliki formula yang lembut dan dibuat dengan perpaduan bahan-bahan alami untuk membersihkan rambut dan tubuh Si Kecil.


Sebagai brand yang sudah dipercaya oleh para Moms, seperti produk-produk MY BABY lainnya, Hair & Body Wash ini juga mengandung bahan-bahan alami, seperti lidah buaya untuk melembapkan dan merangsang pertumbuhan rambut bayi, alpukat untuk menghaluskan rambut dan melindungi kulit dari kekeringan, serta chamomile yang bisa membantu melindungi kulit bayi dari iritasi ringan.

Formulanya pun sangat lembut bahkan untuk mandi pertama Si Kecil sekalipun, tidak pedih di mata, dan sudah teruji secara klinis tidak menyebabkan iritasi di kulit. Tak hanya itu, MY BABY Hair & Body Wash juga tidak licin dan mudah dibilas. Asyiknya lagi, karena sudah sabun dan sampo sudah menyatu dalam satu produk pembersih, pastinya pun akan lebih praktis, ringkas dan mudah dibawa traveling, juga hemat kan, Moms.

Dengan menggunakan MY BABY Hair & Body Wash, bikin Moms bebas worry saat memandikan Si Kecil! (Nanda Djohan/Dok. Freepik, My Baby)



Tags: tips memandikan bayi,   sabun bayi,   sampo bayi,   #mandibebasworry,   my baby,   my baby hair & body wash










Cover April 2020