Mother&Baby Indonesia
Melahirkan Alami Tanpa Sakit dengan Bradley Method

Melahirkan Alami Tanpa Sakit dengan Bradley Method

Semua wanita tentu ingin menjalankan proses persalinan yang lancar dan senatural mungkin. Berbagai metode melahirkan pun hadir dan bisa Anda pilih sesuai dengan kenyamanan yang Anda inginkan. Nah, bagi Anda yang ingin melahirkan natural dan tanpa obat-obatan, maka metode melahirkan Bradley ini bisa Anda pertimbangkan. Ketahui lebih lanjut mengenai metode Bradley ini yuk, Moms!

Apa Itu Metode Persalinan Bradley?

Mengutip situs Bradley Birth, metode Bradley mengajarkan para calon ibu untuk memandang proses melahirkan sebagai sesuatu yang alami, bukan suatu pertarungan hidup dan mati. Metode Bradley adalah teknik melahirkan natural, di mana para calon ibu diajarkan untuk mempercayai kemampuan tubuhnya saat melahirkan, dengan menggunakan teknik pernapasan, ketenangan, latihan, nutrisi, dan edukasi yang baik.

Apa Kelebihan Metode Bradley?

Metode ini mengajarkan pasangan cara-cara untuk menjalankan kehamilan dan persalinan tetap minim risiko atau sebisa mungkin bebas dari komplikasi kesehatan. Metode Bradley mengajarkan teknik relaksasi yang baik, karena itu yang paling aman dan efektif untuk mengurangi rasa sakit yang tidak perlu Anda rasakan.



Metode melahirkan yang lain cenderung mengajarkan untuk mengendalikan rasa sakit saat melahirkan, sedang metode Bradley fokus untuk relaks sehingga mengurangi rasa sakit yang mungkin terjadi saat melahirkan.

Kenapa Harus Natural?

Pengalaman melahirkan Si Kecil seringkali diikuti dampak jangka panjang bagi para ibu, yang memengaruhi kesehatan mental dan emosi, juga kesehatan fisik. Metode Bradley merupakan usaha untuk memberikan bayi baru lahir awal kehidupan terbaik, dengan mengajarkan para ibu menjalankan proses kehamilan hingga persalinan yang natural. 

Berapa Lama Kelas Bradley?

Untuk melahirkan dengan metode ini, Anda dan suami perlu mengikuti kelas yang umumnya tersedia di beberapa rumah sakit. Kelas ini biasanya bisa Anda ikuti saat usia kehamilan 5 bulan atau setidaknya 12 minggu sebelum melahirkan.

Menurut Baby Center, di kelas ini Anda dan pasangan akan diajarkan:

1. Menjaga asupan nutrisi dan manfaatnya untuk pertumbuhan janin.

2. Pentingnya olahraga yang tepat saat hamil.

3. Mengenal keluhan kehamilan dan cara mengatasinya.



4. Menguasai teknik relaksasi saat hamil dan melahirkan, dengan fokus pada metode bernapas yang membantu mengurangi rasa sakit, bukan mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit melahirkan.

5. Mengajarkan pasangan untuk aktif berpartisipasi dan menjadi pendamping yang berbakat saat Anda melahirkan.

6. Mengenali tahapan melahirkan.

7. Mengenal intervensi medis dan tips untuk mencegah penggunaan obat-obatan.

8. Mengenal cara mengurangi risiko melahirkan caesar.

9. Membuat rencana persalinan dan cara berkomunikasi efektif dengan tim medis.

10. Cara menyusui, merawat newborn, dan menjadi orang tua baru. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bradley method,   ibu melahirkan,   persalinan,   metode bradley