Mother&Baby Indonesia
Makanan Penambah Energi Jelang Melahirkan

Makanan Penambah Energi Jelang Melahirkan

Melahirkan adalah proses yang panjang, terlebih bagi Anda yang belum pernah melahirkan sebelumnya. Menurut para dokter kandungan, proses melahirkan secara keseluruhan bisa memakan waktu antara 10-20 jam. Untuk itu, Anda butuh stamina dan energi yang baik untuk melewati proses panjang itu.

Selain sentuhan penyemangat dari suami tercinta, beberapa makanan di bawah ini juga bisa memberikan ekstra energi untuk melahirkan lho, Moms. Seperti yang disarankan oleh Carley Mendes, Registered Holistic Nutritionist & Childbirth Educator, pada The Tot. Ia menyarankan agar wanita yang hendak melahirkan memilih makanan atau camilan yang mengandung karbohidrat kompleks, dengan protein dan lemak sehat, agar gula darah dan energi normal. Yuk, ketahui beberapa makanan penambah energi yang baik dikonsumsi sebelum proses melahirkan.

1. Quinoa dan Alpukat

Ini adalah camilan enak, sehat, dan ringan, yang nutrisi di dalamnya dibutuhkan tubuh Anda. Quinoa adalah makanan tinggi protein dan bebas gluten, cocok untuk Moms yang alergi gluten. Quinoa juga kaya serat, magnesium, vitamin B, zat besi, potasium, kalsium, fosfor, vitamin E, dan banyak lagi nutrisi yang dibutuhkan tubuh jelang melahirkan. Sedangkan alpukat adalah buah yang kaya lemak baik seperti asam lemak omega-3.



2. Pisang dengan Selai Kacang

Rasa camilan ini sudah tidak perlu ditanya lagi karena pasti enak banget deh, Moms. Pisang adalah buah yang kaya serat, vitamin C, potasium, dan tentunya lemak baik yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melahirkan. Sedangkan selai kacang juga mengandung serat, yang tepat untuk melancarkan pencernaan.

3. Nasi Merah dan Telur Organik



Ingin makanan yang lebih mengenyangkan? Pilihlah nasi merah dengan tambahan telur mata sapi organik. Nasi merah mengandung nutrisi yang lebih mudah diserap tubuh dibandingkan nasi putih, ini juga efektif mencegah alergi, iritasi, dan inflamasi pasca melahirkan.

4. Yoghurt dan Buah Segar

Yoghurt adalah sumber karbohidrat dan protein yang baik untuk menambah energi Anda saat melahirkan. Pilihlah plain yoghurt dengan pemanis alami dari buah-buahan segar favorit Anda, dijamin ini tak hanya memberi energi tambahan, tetapi juga memperbaiki mood!

5. Mashed Potato

Jika Moms ingin camilan yang lebih mengenyangkan, mashed potato atau kentang tumbuk bisa menjadi pilihan seru. Kentang yang juga dikenal sebagai sumber karbohidrat dan protein ini bisa memberi Anda energi tambahan untuk berjuang di ruang persalinan. Tetapi jangan pilih kentang goreng ya, Moms, karena minyak dan lemak berlebih bisa membuat Anda mual saat melahirkan. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   energi,   ibu melahirkan,   persalinan