Mother&Baby Indonesia
Menggunakan Obat Nyamuk Ada Caranya agar Aman & Efektif

Menggunakan Obat Nyamuk Ada Caranya agar Aman & Efektif

Moms, sering merasa terganggu dengan ulah nyamuk? Bukan hanya gigitannya yang menyakitkan dan membuat gatal, suaranya saat lewat dekat telinga juga kerap membuat kita kesal mendengarnya. Belum lagi risiko penyakit, seperti demam berdarah, yang bisa kita alami dari gigitan nyamuk. Umumnya, untuk mengatasi masalah nyamuk, kita menggunakan pengusir nyamuk.

Ada berbagai jenis dan macam produk pengusir nyamuk yang dijual di pasaran, mulai dari yang dibakar, disemprot, tipe elektrik, tipe mat, hingga berbentuk losion. Semuanya memiliki kelebihannya masing-masing.

Namun perlu Moms pahami bahwa obat nyamuk merupakan racun serangga yang fungsinya untuk mengusir ataupun membunuh nyamuk. Karena terbuat dari bahan-bahan kimia, maka bisa berbahaya juga buat kesehatan manusia.



Untuk itu, Moms dan keluarga harus tahu secara tepat penggunaan obat nyamuk di rumah. Dan agar penggunaan obat nyamuk lebih efektif, Anda perlu memilih produk yang sesuai dengan kegunaannya dan kebutuhan Anda, Moms. Ini beberapa jenis obat nyamuk yang ada di pasaran dan tips menggunakannya dengan aman.

1. Obat Nyamuk Bakar

Asap yang dihasilkan oleh obat nyamuk jenis ini dapat meliputi area yang luas sehingga cocok untuk menghalau nyamuk. Biasanya, obat nyamuk bakar diletakkan di dekat pintu, jendela, atau di beranda. Mungkin untuk mencegah agar nyamuk dari luar tidak jadi masuk ke dalam ruangan setelah mencium aroma dari obat nyamuk bakar.

Meskipun demikian, jika Anda ingin menggunakan obat nyamuk jenis ini, agar lebih aman, gunakanlah di ruangan yang memiliki banyak ventilasi atau di ruang terbuka, seperti ruang keluarga, di teras atau beranda, maupun di halaman. Anda juga bisa memilih obat nyamuk bakar dengan aromaterapi sehingga baunya sedikit membuat lebih nyaman.

Untuk pilihan Anda bisa gunakan Bagus Maxi Coil Anti Nyamuk Bakar Lavender, obat nyamuk bakar dengan aroma lavender yang menyegarkan dan ampuh membasmi nyamuk penyebab demam berdarah. Daya tahannya kurang lebih 8 jam, sehingga Anda dapat terhindar dari gangguan nyamuk dalam waktu lama.


2. Obat Nyamuk Semprot

Ini merupakan jenis obat nyamuk yang banyak digunakan karena dinilai lebih efisien dan efektif membunuh nyamuk. Untuk penggunaan yang lebih efisien dan efektif, Moms cukup semprotkan sekali saja dalam sehari. Waktu yang tepat untuk menyemprot adalah pada pukul 6-7 malam, karena pada saat ini nyamuk mulai berdatangan.

Semprotkan obat nyamuk di pojokan ruangan dan tempat yang gelap. Keduanya adalah tempat favorit nyamuk, sehingga menyemprotkan ke tempat itu, akan lebih banyak nyamuk yang terbunuh. Setelah disemprot, tutup rapat ruangan selama 1-2 jam agar obat nyamuk dapat bekerja membunuh nyamuk secara maksimal.

Untuk pilihan, Moms bisa gunakan obat nyamuk Force Magic, yang dikenal sebagai obat nyamuk semprot ramah lingkungan. Merek ini dibuat dari bahan alami yang dapat membunuh nyamuk dalam waktu cepat. Aromanya juga tidak terlalu menyengat dan tidak terlalu berbahaya bagi pernapasan anak-anak.




Selain itu, ada juga obat nyamuk semprot tipe one push. Hanya dengan sekali tekan, produk ini akan menyemprotkan obat pengusir nyamuk yang dapat menjangkau seluruh ruangan. Salah satu produk yang bisa dijadikan pilihan adalah Baygon All Night One Push. Produk ini merupakan anti nyamuk yang efektif membunuh nyamuk dan lalat di dalam ruangan, sehingga tidur Anda terlindungi sepanjang malam dari gangguan nyamuk.


3. Obat Nyamuk Elektrik

Ini salah satu solusi aman saat menggunakan obat nyamuk, karena jenis obat nyamuk ini tidak mengeluarkan asap atau meninggalkan partikel-partikel bahan kimia di perabotan ruangan Anda. Meskipun begitu, Anda tetap harus menghindari penggunaannya selama semalaman agar terhindar dari dampak bahan aktifnya yang bisa mengganggu pernapasan dan mengiritasi kulit.

Agar lebih aman, untuk pemakaian obat nyamuk jenis ini, 2 jam sebelum Anda masuk ruangan, obat nyamuk elektrik sudah dinonaktifkan. Jadi, jika kita masuk kamar tidur pukul 9 malam, Nyalakan obat nyamuk sejak pukul 5 sore, dan matikan pada pukul 7 malam.

Untuk pilihan, Moms bisa pakai HIT Non-Stop Set. Produk ini terdiri dari alat pemanas dan satu botol cairan bening yang dapat membasmi nyamuk. Ketika cairan ini dipanaskan di dalam alat pemanas, maka uapnya akan mengusir nyamuk di ruangan sebesar 40 meter kubik. Jika cairannya habis, Anda hanya perlu membeli botol isi ulangnya.


4. Losion Anti-nyamuk

Losion jadi salah satu solusi aman untuk menghindari dari gangguan nyamuk. Walaupun begitu, pemakaian losion cukup sekali sehari pada kulit yang terekspos. Jangan oleskan losion pada kulit yang terluka atau sedang mengalami iritasi. Hindari juga pemakaian dekat area mata dan wajah. 

Selain itu, pilihlah losion yang tidak mengandung bahan kimia sintetik dan rendah kandungan DEET-nya. Batas aman penggunaan DEET sebagai bahan mosquito repellent adalah 30%. Kandungan DEET lebih dari 30% selain bisa berbahaya, juga tidak lebih efektif.

Untuk pilihan, Moms bisa gunakan Soffel Mosquito Repellent. Selain mampu mengusir nyamuk berkat bahan aktif DEET 13%, losion ini juga memiliki kandungan moisturizer yang melembabkan kulit. Daya tahan krimnya sekitar 8 jam perlindungan setelah dioleskan ke kulit. (M&B/SW/Dok. Freepik)




Tags: rekomendasi,   obat nyamuk,   nyamuk