Mother&Baby Indonesia
Hari Buku Nasional: Rekomendasi Buku Favorit Anak-anak

Hari Buku Nasional: Rekomendasi Buku Favorit Anak-anak

Buku adalah jendela dunia. Kata-kata tersebut memang benar adanya, karena dengan membaca buku, kita bisa belajar mengenal bahasa sekaligus berimajinasi tentang latar dan cerita yang dituliskan. Karenanya, kebiasaan membaca buku harus ditanamkan pada anak sejak kecil. Umumnya, buku untuk anak-anak memiliki gambar yang lucu dan warna yang mencolok. Cerita yang disampaikan pun tergolong singkat, hanya beberapa baris yang juga merupakan pernyataan dari karakter secara langsung.

Namun ternyata, buku tak hanya berisi tulisan dan gambar 2D saja. Dengan kemajuan teknologi saat ini, ada beberapa buku yang hadir dalam bentuk gambar 3D, objek yang bisa digerakkan, serta bisa dibaca melalui gadget dalam format e-book. Untuk menyambut Hari Buku Nasional yang jatuh pada 2 April, berikut ini adalah beberapa jenis buku sebagai rekomendasi, yang bisa Moms berikan kepada Si Kecil.




1. Buku Cerita

Menjadi jenis yang paling umum, buku cerita menyajikan kisah seseorang atau seekor binatang (fabel) dengan nilai moral di dalamnya. Bahasa yang dipakai dalam cerita pun cukup sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh Si Kecil.

Salah satu yang bisa Moms bacakan adalah seri cerita ‘Si Koksi’ dari RMA Studio, yang mengisahkan tentang petualangan seekor kumbang bernama Koksi. Buku ini bertemakan keluarga, persahabatan, serta alam. Selain menampilkan pemahaman tentang sains sederhana seperti proses metamorfosis, buku ini juga menjelaskan kebiasaan dan sifat dari binatang.



2. Pop Up Book

Jenis buku satu ini memang berbeda dan unik, karena gambar yang ditampilkan dalam cerita berbentuk 3D. Si Kecil pun bisa melihat karakter seperti hewan dengan lebih nyata, seperti bentuk aslinya. Pop up book sendiri lebih menonjolkan gambar timbul dibandingkan teks cerita.

Contohnya seperti buku yang diterbitkan oleh Impian Studio. Ada ragam seri buku yang menggambarkan hewan-hewan dengan cukup jelas walaupun bahasanya dibuat sesederhana mungkin. Selain memiliki daya tarik, Si Kecil pun tidak akan cepat bosan ketika membacanya.


3. Busy Book

Alternatif buku lain yang bisa Moms berikan pada Si Kecil adalah berjenis busy book. Melalui buku ini, anak tidak hanya membaca cerita, tetapi juga menyediakan aktivitas tambahan seperti bermain. Misalnya, dengan memindahkan wortel (berbahan kain dan dakron) ke dalam keranjang.

Ilokids menjadi salah satu yang menerbitkan busy book dan bisa Anda pilih. Penggunaan bahan yang aman, bentuk karakter yang lucu, serta pemilihan warna dan cerita yang menarik akan mengajak Si Kecil untuk mengerti jalan cerita sekaligus bermain.




4. Sound/Noisy Book

Noisy atau sound book juga bisa Anda pilih sebagai buku bacaan Si Kecil. Buku ini tak hanya menyajikan cerita melalui teks, tetapi juga disertai tombol yang dapat mengeluarkan suara, yang berkaitan dengan cerita tersebut. Anak pun akan memiliki pengalaman membaca yang berbeda dan seru pastinya.

Salah satu yang bisa Moms pilih adalah Brave Little Camper, yang bisa didapatkan melalui situs Amazon.com. Di dalamnya terdapat cerita keseruan berkemah di tengah hutan bersama hewan-hewan di sekitar. Suara hewan tersebut pun bisa didengarkan dengan menekan tombol yang ada pada setiap halaman buku ini.

(Amazon.com)


5. E-Book

e-Reading menjadi cara yang cukup efektif untuk mengajarkan Si Kecil suka membaca, terutama saat pandemi Covid-19. Sebab, konsep membaca dengan jenis buku e-book hanya bermodalkan gadget dan aplikasi yang perlu Moms unduh terlebih dahulu.

Salah satu yang banyak direkomendasikan adalah ‘Epic!’. Aplikasi ini menyediakan banyak buku untuk anak sejak usia balita, dalam bahasa Inggris. Mulai dari cerita dengan pesan moral atau yang berisikan ilmu pengetahuan umum, semua bisa dibaca melalui gadget, baik berbasis Android maupun iOS.

(Google Play Store)

(Vonia Lucky/SW/Dok. Instagram @impianstudio @ilokids, Amazon, Google Play Store, RMA Media, Freepik)



Tags: anak,   balita,   gemar membaca,   buku,   hari buku nasional










Cover Mei-Juni-Juli 2020