Mother&Baby Indonesia
Amankah Bayi Mengonsumsi Kismis?

Amankah Bayi Mengonsumsi Kismis?

Kismis berasal buah anggur yang dikeringkan dan memiliki rasa yang manis. Karena rasanya yang manis, tak heran jika buah kering ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Lantas, apakah bayi juga boleh mengonsumsi kismis? Boleh saja, namun Moms tidak boleh sembarangan memberikan kismis pada bayi, karena dapat membuat bayi tersedak.

Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut ini yang perlu Anda perhatikan sebelum memberikan kismis untuk bayi Anda, Moms.

Apakah bayi juga boleh mengonsumsi kismis?

Pada dasarnya, buah kismis aman dan boleh saja dikonsumsi oleh bayi Anda. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memberikan kismis pada bayi. Jika bayi Anda baru saja mengenal makanan padat, sebaiknya hindari untuk memberikan buah kismis, karena potongan makanan kecil seperti kismis dapat membuat bayi tersedak.



Ada baiknya, Anda memberikan kismis pada bayi antara usia 8 dan 9 bulan. Karena pada usia ini biasanya bayi sudah lebih baik dalam mengunyah, dapat menggenggam benda-benda kecil di tangannya, dan bisa duduk dengan tegak. Anda dapat memotong kismis menjadi potongan-potongan kecil untuk memudahkan Si Kecil dalam mengunyah, atau menghaluskannya dengan diberi campuran air putih atau jus apel. Kemudian blender hingga teksturnya menjadi halus.

Perlu diketahui, kismis mengandung banyak magnesium, kalium, zat besi, dan kalsium, serta merupakan buah rendah lemak dan kolesterol. Meski baik untuk Si Kecil, buah kismis juga mengandung banyak gula yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi jika menempel pada gigi bayi. Oleh karena itu, setelah memberikan buah kismis, gosoklah gigi Si Kecil dengan hati-hati, agar terhindar dari kerusakan gigi.


Baca Juga: Awas, Makanan Ini Ternyata Menambah Berat Badan, lho!


Apa saja manfaat kismis untuk bayi?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah kismis mengandung banyak magnesium, kalium, zat besi, dan kalsium, serta merupakan buah rendah lemak dan kolesterol. Karena itu, kismis memiliki banyak manfaat untuk bayi Anda, di antaranya:

• Mencegah anemia, diabetes hingga kanker

• Mampu menutrisi otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat Si Kecil



• Kismis mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan

• Menjaga keseimbangan asam-basa tubuh

• Menyehatkan jantung.


Baca Juga: Kismis untuk MPASI Bayi, Manfaat dan Tips Memberikannya


Saat memberikan buah kismis untuk Si Kecil, Anda perlu untuk memperhatikan tips berikut ini:

1. Anda disarankan untuk memberikan buah kismis kepada Si Kecil dalam jumlah kecil per hari, ini karena buah ini mengandung banyak gula. Anda dapat memberikan buah kismis secara bertahap, 1-2 sendok makan jus kismis per hari, kemudian 2-3 sendok makan per hari. Jika Anak sudah berusia 1 tahun, Anda mulai bisa memberikan 2-3 sendok makan kismis yang sudah dicincang atau dihaluskan.

2. Buah kismis dapat menempel pada gigi dan gusi sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan pada gigi Si Kecil. Oleh karena itu, bersihkan gigi anak Anda setelah mengonsumsi buah kismis, agar terhindar dari pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Topntp26/Freepik)



Tags: kismis,   bayi,   mpsi