Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Tetap Bisa Berpuasa dengan 5 Tips Ini

Ibu Hamil Tetap Bisa Berpuasa dengan 5 Tips Ini

Ketika bulan Ramadan tiba, sering muncul dilema pada ibu hamil untuk melakukan ibadah puasa atau tidak. Pada dasarnya, jika merunut pada hukum agama Islam, ibadah berpuasa memang sunah untuk dilakukan bagi ibu hamil.

Namun, tentu, momen bulan suci tak ingin Anda lewatkan begitu saja ya, Moms. Pada kehamilan berisiko tinggi, sudah pasti puasa sangat tidak dianjurkan. Namun, selama kandungan dan Moms dalam kondisi kuat dan fit, ibadah puasa bisa-bisa saja tetap dijalani, pastinya dengan pengawasan yang ekstra. Jika Moms memutuskan untuk berpuasa, alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Selain itu, Moms juga dapat mengikuti tips berpuasa saat hamil seperti berikut ini.

1. Konsumsi Makanan Sehat




Menjalani puasa dalam keadaan hamil, Moms tentunya harus ekstra perhatian terhadap asupan makanan Anda. Ketika sahur dan berbuka, pastikan Moms mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, bisa berupa nasi, kentang ataupun olahan tepung.

Konsumsi pula protein hewani dari daging ayam dan ikan serta serat yang cukup dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Jika perlu, minum juga segelas susu sebagai pelengkap. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang ya, Moms!

2. Cukup Istirahat

Ketika berpuasa, banyaknya aktivitas yang Anda lakukan akan membuat Anda merasa lelah, dan ini bisa membuat puasa yang dijalani terasa semakin berat. Jadi kurangi aktivitas-aktivitas berat yang tak diperlukan dan perbanyak istirahat. Gunakan waktu di siang hari yang terik untuk beristirahat, sedangkan aktivitas bisa Moms lakukan pada sore hari, saat cuaca lebih teduh.



3. Minum Air yang Cukup


Ketika berpuasa, waktu untuk minum jadi terbatas. Jadi Moms harus benar-benar memperhitungkan kebutuhan cairan tubuh dengan minum cukup air pada saat berbuka dan sahur. Umumnya kita membutuhkan sekitar 8 hingga 10 gelas air dalam sehari, sedangkan ibu hamil mungkin membutuhkan 10 hingga 12 gelas air dalam sehari. Moms dapat minum air putih 3 hingga 4 gelas air pada saat sahur, kemudian 4 hingga 5 gelas pada saat berbuka puasa dan 2 hingga 3 gelas sebelum tidur.

4. Penuhi Asupan Vitamin

Untuk membuat fisik ibu hamil lebih kuat dan fit saat menjalani puasa, konsumsi juga vitamin atau suplemen khusus untuk ibu hamil pada saat sahur jika diperlukan. Untuk memenuhi gizi, ibu hamil juga harus tetap mengonsumsi susu formula khusus ibu hamil. Tapi perlu diingat untuk selalu berkonsultasi ke dokter mengenai vitamin dan suplemen apa saja yang aman dikonsumi oleh ibu hamil ya, Moms!

5. Hindari Makanan Pedas dan Berlemak

Moms, ketika berpuasa, sebisa mungkin hindarilah makanan pedas dan berlemak yang berdampak buruk pada kondisi tubuh, karena makanan pedas dapat memengaruhi perubahan hormon, menimbulkan rasa mulas, serta memicu rasa mual dan muntah. Sedangkan makanan berlemak dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kesehatan ibu dan calon bayi. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: puasa,   ibu hamil










Cover April 2020