Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Manfaat Bercinta saat Hamil

Moms, Ini Manfaat Bercinta saat Hamil

Sebagian besar wanita yang tengah hamil enggan untuk melakukan hubungan seksual dengan suami karena berbagai alasan, seperti takut keguguran atau takut jika orgasme saat bercinta dapat memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Lantas, apakah semua itu benar?

Pada dasarnya ibu hamil aman melakukan hubungan seksual, bahkan 12 minggu pertama setelah pembuahan. Ini dikarenakan janin berada di dalam rahim dan jauh dari jangkauan Mr. P Ayah. Pada umumnya, Moms akan mengalami peningkatan gairah seksual saat hamil.

Meskipun begitu, Anda harus tetap memperhatikan posisi saat bercinta agar perut tidak terguncang dan terjepit saat sedang melakukannya. Perlu diketahui Moms, melakukan hubungan seksual saat hamil ternyata dapat bermanfaat bagi Anda. Ingin tahu apa saja, manfaat bercinta saat hamil? Simak pemaparannya di bawah ini!



Menurunkan Tekanan Darah

Saat orgasme, tubuh akan mengeluarkan hormon yang membuat tubuh Anda jauh lebih santai, sekaligus dapat menurunkan tekanan darah. Meskipun begitu, ini adalah kondisi sementara setelah berhubungan seksual dan bukan berarti tekanan darah tinggi dapat diobati hanya dengan bercinta ya, Moms. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengendalikan tekanan darah Anda. 

Lebih Mudah Melahirkan

Bercinta saat hamil dapat membantu menghasilkan kontraksi pada otot panggul dan membuka serviks, sehingga membuat proses persalinan menjadi lebih mudah. Anda dianjurkan untuk lebih sering berhubungan seksual guna membantu mempercepat proses persalinan.



Mencegah Komplikasi

Penelitian yang dilakukan oleh Planned Parenthood Federation of America menunjukkan bahwa bercinta saat hamil dapat mengurangi risiko pre-eklampsia. Hanya saja, seperti diketahui, penyebab pre-eklampsia sulit terdeteksi. Oleh karena itu, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter secara rutin.

Menambah Kebahagiaan

Saat hamil, wajar jika Anda mengalami perasaan khawatir, cemas, dan stres. Namun, hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Pasalnya, stres pada ibu hamil dapat menghambat tumbuh kembang janin. Bercinta saat hamil dapat membantu mengatasi hal tersebut. Orgasme bisa melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi stres dan menambah kebahagiaan.

Itulah beberapa manfaat bercinta saat hamil. Selain dapat menambah kedekatan di antara Anda dan suami, bercinta saat hamil juga dapat memberikan manfaat baik untuk kehamilan. Namun, perlu diingat untuk tetap memperhatikan posisi saat bercinta agar perut tidak terguncang dan terjepit saat sedang melakukannya. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   bercinta saat hamil










Cover April 2020