Mother&Baby Indonesia
Mimpi yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil dan Artinya

Mimpi yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil dan Artinya

Sebagian orang mungkin percaya bahwa mimpi adalah gambaran masa depan. Atau ada pula yang menganggap mimpi merupakan manifestasi dari kreativitas otak kita. Tapi lain halnya dengan ibu hamil yang mungkin menganggap mimpi merupakan sesuatu yang harus diwaspadai, apalagi jika memimpikan suatu hal yang menakutkan atau terkesan aneh.

Menurut seorang ginekolog asal India, Dr. Priyanka Mehta, bumil sering merasa takut akan mimpi yang ia alami ketika tidur karena bumil cenderung memiliki segudang kekhawatiran atau ketakutan yang ada dalam dirinya saat hamil.

“Saat hamil, perempuan mengalami perubahan fisik dan mental. Di samping itu, bumil juga memiliki ketakutan untuk melahirkan. Ketakutan-ketakutan tersebut tercermin dalam mimpi-mimpi yang nyata ketika pikirannya mengasimilasi perasaan dan pengalaman baru,” ujarnya.



Saat mengalami mimpi ketika hamil, terkadang bumil penasaran ingin mengetahui apa arti dari mimpinya tersebut. Berikut beberapa mimpi umum yang dialami ibu hamil beserta artinya.

1. Mimpi Memiliki Anak Perempuan atau Laki-laki

Bila Moms bermimpi memiliki anak perempuan atau laki-laki, hal ini tak berarti memberi gambaran jenis kelamin anak Anda ketika lahir nanti. Saat Anda memimpikan memiliki anak perempuan atau laki-laki, ini bisa berarti Anda sedang memunculkan inner child Anda, mengenang masa kecil, atau bahkan ketika kecil Moms memang ingin memiliki anak perempuan atau laki-laki.

2. Mimpi Melahirkan Anak Kembar

Sebagian ibu mungkin akan menjadikan mimpi ini sebagai firasat bahwa akan memiliki anak kembar. Namun sesungguhnya bila Moms terus bermimpi tentang hal ini, bisa berarti Anda sangat ketakutan memegang tanggung jawab untuk mengurus bayi Anda yang akan lahir. Dan bila Anda melahirkan anak kembar, otomatis tanggung jawab pun akan bertambah menjadi dua kali lipat.

3. Mimpi Melahirkan Binatang Atau Alien

Saat Anda mimpi melahirkan binatang atau alien, diyakini ini bagian dari manifestasi emosi Anda. Mimpi melahirkan binatang bisa berarti menggambarkan proses saat mengurus seorang anak. Otak sudah mempersiapkan konsep bahwa mengurus anak bayi lebih sulit daripada mengurus binatang. Biasanya bumil memimpikan kucing yang kecil dan imut layaknya bayi baru lahir.

Sedangkan mimpi melahirkan anak alien bukan berarti memberi gambaran bahwa anak yang akan Anda lahirkan akan cacat. Melainkan bumil mungkin merasakan bayi yang ada di dalam perutnya merupakan benda asing. Atau saat melakukan USG, Moms mungkin melihat wajah Si Kecil seperti alien, maka Anda pun bermimpi bahwa muka Si Kecil benar-benar seperti alien.



4. Mimpi Terjatuh

Ketika sudah memasuki usia kandungan 9 bulan Moms mungkin lebih mudah merasa lelah, dan merasa tidak cukup tidur. Dalam skenario di mimpi Anda, mungkin Moms akan merasa seperti terjatuh. Namun hal tersebut tidak berarti menunjukkan keadaan yang benar-benar akan terjadi. Mimpi tersebut diindikasikan terjadi karena Moms takut akan kehilangan kontrol atau keseimbangan di akhir trimester kehamilan Anda.

5. Mimpi Bayi Anda Terluka

Di masa kehamilan, perempuan berada pada titik paling sensitif kehidupannya dan mungkin merasa tertekan atau takut. Maka tak heran bila Moms sering memimpikan Si Kecil terluka ketika hamil. Namun mimpi tersebut bukanlah suatu pertanda sama sekali, atau pandangan akan kejadian di masa mendatang.

Dalam mimpi ini, sebenarnya Moms sedang mempertanyakan kompetensi Anda sebagai ibu. Mungkin Moms merasa tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk mengurus Si Kecil. Namun sebenarnya ini memperlihatkan sisi protektif dan kepedulian Anda sebagai ibu. Moms sangat peduli dan memperhatikan akan apa yang terjadi pada Si Kecil. Karena rasa kekhawatiran tersebut, Moms akan melakukan segala hal demi melindungi bayi Anda.

6. Mimpi Tentang Air

Mimpi tentang air ini bisa berhubungan dengan air ketuban Anda. Bila Moms mimpi pecah ketuban, mungkin Anda takut bahwa Anda akan pecah ketuban di tempat yang tidak semestinya. Di sisi lain, bila Anda bermimpi seperti mengambang di dalam air dan merasa rileks, ini bisa berarti Anda siap untuk melahirkan.

7. Mimpi Kehilangan atau Meninggalkan Bayi Anda

Mimpi kehilangan atau meninggalkan bayi di suatu tempat mungkin menjadi mimpi yang paling ditakutkan para ibu. Mimpi tersebut bisa diartikan sebagai ketakutan atau kekhawatiran saat akan mengurus bayi yang sangat tergantung pada Anda ketika menjadi ibu baru. Mimpi ini juga bisa berarti bahwa Anda merasa belum cukup dewasa untuk mengurus seorang bayi. Intinya ketakutan-ketakutan tersebutlah yang mendasari mimpi ini terjadi. (Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   mimpi,   arti mimpi,   mimpi ibu hamil