Mother&Baby Indonesia
Manfaat Bengkuang untuk Ibu Hamil

Manfaat Bengkuang untuk Ibu Hamil

Biasanya, ibu hamil di trimester pertama mudah mual dan selalu ingin makan makanan yang segar, seperti rujak dan asinan. Nah salah satu komponen rujak adalah umbi putih bertekstur crunchy yang menyegarkan, yup bengkuang!

Tumbuhan asal Benua Amerika yang memiliki nama latin Pachyrhizus erosus ini dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Dan kabar baiknya, tak hanya baik untuk masker dan segar untuk dimakan, terdapat manfaat baik lain di balik bengkuang, khususnya untuk ibu hamil lho, Moms! berikut ini sejumlah manfaat bengkuang untuk ibu hamil:

1. Kaya Kalsium

Kandungan mineral kalsium yang terdapat dalam bengkuang sangat diperlukan selama masa kehamilan. Kandungan kalsiumnya dapat membantu dalam pembentukan jaringan dan tulang janin. Tak hanya itu, kalsium juga sangat bermanfaat dalam pembentukan gigi janin hingga membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil.



2. Mengatasi Nyeri Lambung

Moms, ketika kehamilan masuk ke trimester pertama maka biasanya Anda akan menghadapi sejumlah gangguan, seperti mual dan muntah. Terkadang ada beberapa ibu hamil yang sama sekali tidak bisa mengonsumsi makanan dan akibatnya terkena nyeri lambung. Nyeri lambung bisa disebabkan karena gangguan pada organ lambung atau jumlah asam lambung yang terlalu tinggi.

Bengkuang mengandung sifat baik untuk menetralkan dan mendinginkan lambung. Jadi, ketika hamil, Moms bisa mengonsumsi bengkuang untuk mengatasi nyeri lambung dan gangguan mual selama kehamilan berlangsung.



3. Menjadi Sumber Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks sangat penting bagi ibu hamil untuk mendukung kesehatan tubuh dan janin. Nah, vitamin B Kompleks juga banyak terkandung di dalam bengkuang. Fungsi Vitamin B bagi ibu hamil sangat penting, terutama untuk membantu mempertahankan kesehatan kehamilan dan produksi sel darah merah.

4. Melancarkan Peredaran Darah Ibu Hamil

Bengkuang menjadi sumber kalsium yang sangat baik untuk ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan jumlah darah yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak hamil. Peredaran darah yang baik juga akan membentuk kesehatan ibu hamil dan janin.

5. Membantu Pembentukan Sistem Saraf

Bengkuang juga membantu pembentukan sistem saraf janin di dalam kandungan. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsinya pada trimester awal, karena bengkuang mengandung folat yang dibutuhkan untuk membantu pembentukan sistem saraf janin dan mencegah terjadinya cacat otak pada janin. Jadi Moms tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi bengkuang saat hamil, ya! (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: bengkuang,   hamil,   kehamilan,   ibu hamil