Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu Hamil Makan Mi Instan? Ini Jawabannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mi Instan? Ini Jawabannya

Siapa sih yang tidak suka makan mi instan? Rasanya hampir semua orang menyukai makanan cepat saji yang satu ini. Selain harganya yang murah meriah, mi instan juga termasuk makanan cepat saji yang mudah untuk dibuat dan memiliki rasa yang lezat.

Namun yang kerap menjadi pertanyaan, bolehkah ibu hamil makan mi instan? Sebagian besar orang menganggap bahwa mi instan bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Apakah itu benar? Untuk lebih jelasnya, simak artikel di bawah ini ya, Moms!

Bolehkah ibu hamil makan mi instan?

Kebanyakan ibu hamil pasti bertanya-tanya mengenai bahaya mi instan dan dampaknya untuk kesehatan janin. Perlu diketahui Moms, mi instan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan sodium yang tinggi. Selain itu, mi instan juga mengandung kalori, serat, dan protein yang rendah.



Sebagaimana diketahui, kandungan serat dan protein yang rendah dapat membuat Anda lebih cepat merasa lapar, sehingga tidak menutup kemungkinan jika Anda akan menambah porsi mi instan. Hal ini dapat meningkatkan kadar garam di dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko preeklampsia.

Selain itu, kadar garam atau sodium yang tinggi juga dapat memicu terjadinya hipertensi. Peningkatan tekanan darah dapat berbahaya untuk kondisi ibu hamil dan janin di dalam kandungan. 

Tips sehat makan mi instan saat hamil

Pada dasarnya, makan mi instan saat hamil masih diperbolehkan kok, Moms, asalkan masih dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak terlalu sering. Jika Anda ingin makan mi instan saat hamil, berikut ini beberapa tips sehat makan mi instan yang harus diperhatikan:



• Sesekali ibu hamil boleh mengonsumsi mi instan, asalkan jangan terlalu sering. Perhatikan juga porsinya, jangan berlebihan ya, Moms.

• Bila memungkinkan, jangan gunakan bumbu sachet kemasan. Akan lebih baik jika Moms bisa mengolahnya dengan bumbu alami dari dapur dan tambahkan bahan-bahan lain seperti telur, ayam/daging, dan sayuran berdaun hijau untuk memberikan nutrisi yang cukup dan dibutuhkan oleh tubuh.

• Untuk mi rebus, lakukan dua kali tahap memasak. Setelah merebus mi instan pertama kali, buang airnya lalu rebus lagi untuk kedua kalinya. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan lapisan lilin dalam mi instan yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Jcomp/Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   makanan ibu hamil,   mi instan