Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Berat Badan Turun saat Awal Kehamilan

Mengatasi Berat Badan Turun saat Awal Kehamilan

Saat hamil, idealnya berat badan seorang wanita akan mengalami kenaikan sekitar 10-15 kg. Selama menjalani masa kehamilan, berat badan bumil memang cenderung bertambah, tetapi Anda perlu memperhatikan agar tidak mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan.

Walaupun begitu, ada beberapa ibu hamil yang justru mengalami penurunan berat badan di masa awal kehamilan. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini ya, Moms!

Penyebab Penurunan Berat Badan saat Awal Kehamilan

Sebaiknya Anda tidak perlu khawatir, jika Anda mengalami penurunan berat badan saat awal kehamilan, karena kondisi semacam ini masih terbilang normal terjadi pada trimester pertama kehamilan. Ada beberapa penyebab terjadinya penurunan berat badan di masa awal kehamilan, antara lain:



1. Asupan Makanan yang Kurang Tepat

Sebagaimana diketahui, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi dari makanan secara tepat, karena salah mendapat asupan nutrisi makanan dapat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin serta berat badan tubuh. Saat hamil, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, protein, zat besi, dan kalsium yang bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi makanan selama menjalani masa kehamilan.

2. Morning Sickness

Salah satu penyebab paling umum terjadinya penurunan berat badan di awal kehamilan adalah morning sickness. Morning sickness merupakan suatu kondisi wajar saat hamil yang biasanya ditandai dengan mual dan muntah. Meskipun disebut morning sickness, namun kondisi ini tidak hanya terjadi di pagi hari saja, tetapi juga siang, sore, dan malam hari. Kondisi ini juga dapat menyebabkan nafsu makan berkurang. Bahkan, terkadang makanan yang sudah dimakan pun bisa keluar lagi karena mual dan muntah.

Ketika mengalami morning sickness, Anda disarankan untuk menghindari makanan yang terlalu asam dan berlemak, karena dapat menimbulkan rasa mual yang lebih parah. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B1 dan B2 yang baik untuk mengurangi dan mengatasi morning sickness.

3. Kelelahan

Memiliki banyak kegiatan selama masa kehamilan dapat membuat tubuh Anda mengalami kelelahan. Hal ini tentu saja dapat memicu terjadinya penurunan berat badan saat hamil. Kondisi tubuh yang kelelahan serta tidak diimbangi dengan asupan nutrisi makanan yang cukup akan berdampak pada turunnya berat badan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai mengurangi kegiatan yang tidak terlalu penting selama masa kehamilan. Mintalah bantuan orang lain dan jangan terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan segala sesuatu.

4. Stres atau Depresi



Sebagaimana diketahui, perubahan hormon sangat umum dialami oleh ibu hamil. Perubahan hormon dan memikirkan sesuatu terlalu keras dapat menyebabkan perubahan suasana hati, stres, hingga depresi yang tentu saja dapat mengurangi nafsu makan, sehingga menyebabkan penurunan berat badan. Untuk mencegah kondisi semacam ini, ada baiknya Anda melakukan kegiatan positif dan menenangkan pikiran. 

5. Menderita Penyakit Tertentu

Terjadinya penurunan berat badan juga dapat disebabkan karena penyakit tertentu di dalam tubuh. Jika tidak ditangani dengan baik, tentu saja ini dapat mengganggu kehamilan. Jika Anda sudah mengetahui gejala-gejala dari penyakit tersebut, segera konsultasikan dengan dokter untuk mencegah hal-hal buruk terjadi pada Anda dan janin di dalam kandungan. 

Bagaimana Mengatasinya?

• Memperhatikan nutrisi makanan. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat, protein, zat besi, dan kalsium untuk menunjang perkembangan janin.

• Lakukan aktivitas fisik. Luangkan setidaknya 15 menit sehari, sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk berolahraga ringan seperti berenang, berjalan sehat, yoga, atau senam khusus ibu hamil.

• Mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Cukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan minum minimal 8 gelas air putih untuk mencegah dehidrasi.

• Miliki kualitas tidur yang baik. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar berat badan tetap normal saat hamil.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda dilakukan untuk mencegah penurunan berat badan saat hamil. Semoga bermanfaat ya, Moms! (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   berat badan,   berat badan ibu hamil










Cover April 2020