Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Mengonsumsi Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Ini Manfaat Mengonsumsi Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Selama menjalani kehamilan, kebutuhan nutrisi Anda akan meningkat. Untuk itu, Moms perlu mencukupi asupan nutrisi, salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah. Ya, buah punya banyak vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil.

Bicara tentang buah, Indonesia terkenal akan aneka buah dengan ragam rupa dan rasa yang unik, salah satunya sirsak. Moms tentu tahu buah yang satu ini. Dengan warna hijau, berduri, punya biji yang khas, dan rasa manis sedikit asam, biasanya sirsak kita konsumsi untuk pencuci mulut atau dijadikan jus.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sirsak?

Namun, bagaimana jika sirsak dikonsumsi oleh ibu hamil? Moms mungkin pernah mendengar kontroversi tentang ini, amankah ibu hamil mengkonsumsi buah sirsak? Sebenarnya bumil tidak dilarang mengonsumsi sirsak, karena buah ini mengandung vitamin C dan folat yang cukup melimpah dan baik untuk kesehatan kehamilan Anda.



Namun, bumil sebaiknya tidak mengonsumsi sirsak dalam jumlah banyak atau berlebihan. Kenapa? Karena rasa asam buah ini bisa memicu peningkatan asam lambung sehingga menimbulkan rasa mual dan muntah, menyebabkan diare, meningkatkan kadar gula dalam darah, hingga berisiko menyebabkan kontraksi.

Karena itu, buat Anda bumil penyuka sirsak, konsumsilah buah ini secara tepat, tidak berlebihan, agar bisa memberikan manfaat, baik bagi Anda maupun janin dalam kandungan. Jika perlu, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter atau ahli gizi untuk tahu lebih banyak soal ini.

Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil

Banyak manfaat yang diperoleh bumil saat makan buah ini, selama Anda mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan ya, Moms. Berikut 4 manfaat sirsak buat kehamilan Anda, Moms.

1. Mencegah Rasa Mual

Sirsak punya rasa manis sedikit asam, cocok dikonsumsi oleh bumil untuk mengatasi mual yang sering dialami di trimester pertama kehamilan. Rasa manis bercampur asam ini bisa merangsang produksi air liur sehingga rasa mual akan hilang setelah memakan sirsak. Selain itu, rasa manis sirsak bisa meningkatkan nafsu makan. Jadi jika Moms biasanya sering mual dan kehilangan nafsu makan di masa awal kehamilan, mengonsumsi sirsak bisa membantu mengatasi masalah Anda tersebut.

2. Melancarkan Pencernaan



Gangguan pencernaan memang jadi masalah yang umum dialami bumil. Saat hamil, Anda mungkin sering mengalami susah buang air besar atau konstipasi. Problem ini bisa diatasi dengan konsumsi sirsak, karena buah ini mengandung serat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan bumil.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sirsak kaya akan vitamin C. Vitamin ini bisa berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh dalam menangkal radikal bebas. Buat bumil yang sering beraktivitas di luar ruangan, Anda bisa mengonsumsi buah sirsak untuk pencuci mulut seminggu sekali guna membantu mencegah panas dalam dan sariawan.

4. Merangsang Produksi ASI

Manfaat lainnya dari sirsak adalah bisa menstimulasi atau merangsang produksi ASI pada bumil. Sirsak mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk mendukung produksi ASI. Jadi, jika Moms ingin bayi Anda bisa langsung memperoleh kolostrum dari ASI yang keluar pertama kali, ada baiknya jika Anda mulai mengonsumsi buah ini sejak awal kehamilan.

Namun, tetap diingat ya, Moms, konsumsi buah sirsak secukupnya dan jangan terlalu banyak atau berlebihan. Untuk panduan, seminggu sekali mengonsumsi sirsak sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   buah untuk ibu hamil,   sirsak










Cover Mei-Juni-Juli 2020