Mother&Baby Indonesia
Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester 3

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester 3

Ketika memasuki masa kehamilan trimester ketiga, yakni sejak minggu ke-28 sampai minggu ke-40, organ-organ tubuh janin sudah mulai terbentuk dan berfungsi. Berat badan janin di dalam kandungan juga semakin bertambah. Oleh karena itu, Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat untuk kehamilan trimester ketiga. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini, Moms!

1. Aneka Daging

Aneka daging seperti daging merah tanpa lemak dan daging ayam tanpa kulit yang mengandung banyak lemak baik, protein, vitamin, dan mineral, seperti kalsium, folat, dan zat besi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil trimester ketiga. Sebenarnya, makanan ini dapat bisa Anda konsumsi mulai dari trimester pertama hingga ketiga.

Ketika membeli, pastikan daging masih dalam kondisi segar ya, Moms. Lalu, saat menyiapkan daging, pastikan Anda memasaknya hingga benar-benar matang, karena daging mentah mengandung banyak kuman yang berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil.




Baca Juga: 4 Alasan Daging Kurang Matang Dilarang untuk Ibu Hamil


2. Buah-Buahan

Sebagaimana diketahui, buah merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi penting untuk ibu hamil, seperti serat, antioksidan, air, kalium, folat, natrium, dan vitamin C. Semua nutrisi itu memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan pada trimester ketiga dan menjaga kesehatan ibu. Ada beberapa buah-buahan yang dapat Anda konsumsi antara lain:

Strawberry

Buah strawberry mengandung kalium, asam folat, vitamin B dan C yang sangat baik untuk kesehatan Moms dan perkembangan janin di dalam kandungan. 

Melon

Buah melon mengandung banyak air, serat, zat besi, vitamin C dan A, kalium, dan asam folat. Semua kandungan tersebut berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Moms, menunjang perkembangan janin di dalam kandungan, mencegah dehidrasi, mengatasi sembelit, membantu mencegah anemia selama kehamilan, dan mengatur sistem tekanan darah.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk ibu hamil, terutama pada kehamilan trimester ketiga. Ini karena pisang mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, kalium, dan zat besi yang dapat membantu mencegah sembelit dan menyehatkan pencernaan.

• Jeruk

Jeruk mengandung banyak vitamin C, kalium, air, asam folat, dan serat yang merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil di trimester ketiga. Semua kandungan tersebut berperan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sembelit, mengontrol tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan membantu perkembangan janin.

Alpukat

Buah lainnya yang baik dikonsumsi saat kehamilan trimester ketiga adalah alpukat. Buah ini mengandung lemak baik, serat, asam folat, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B6. Kombinasi kandungan baik ini dapat membantu mengurangi morning sickness, membantu tubuh Anda menyerap nutrisi secara efektif, mencegah cacat syaraf pada janin, mencegah sembelit, membuat cepat kenyang sehingga membantu mengontrol kenaikan berat badan pada ibu hamil, dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin. 


Baca Juga: 10 Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil




3. Kacang-Kacangan

Tak hanya buah-buahan, makanan lain yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester ketiga adalah kacang-kacangan. Mengapa? Karena kacang mengandung protein, lemak sehat, vitamin dan mineral, seperti kalium, kalsium, folat, vitamin B, magnesium, dan zat besi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.


Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil


4. Ikan 

Selain aneka daging, Anda bisa memilih ikan sebagai menu lauk pauk. Ini karena ikan mengandung zat besi yang diperlukan oleh ibu dan janin selama kehamilan. Seperti diketahui, kekurangan zat besi saat hamil dapat menyebabkan anemia yang memicu pusing dan cepat merasa lelah pada ibu hamil. Selain zat besi, ikan juga mengandung protein yang menjadi asupan penting untuk ibu hamil pada kehamilan trimester ketiga. 

Salah satu ikan yang dapat Anda konsumsi yaitu ikan salmon. Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak bayi. Selain itu, salmon juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) yang mendorong pembentukan dan perkembangan sistem saraf bayi, serta menurunkan risiko depresi pada ibu pasca melahirkan.


Baca Juga: Jenis Ikan yang Perlu Dihindari Ibu Selama Kehamilan


5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan serat yang sangat penting untuk ibu hamil, karena dapat membantu mencegah sembelit yang sering terjadi selama kehamilan trimester ketiga. Tak hanya kaya serat, sayuran berdaun hijau juga mengandung banyak mineral lain seperti kalium, kalsium dan zat besi yang juga sangat penting untuk ibu hamil. 


Baca Juga: 10 Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil


6. Susu dan Olahannya

Susu mengandung banyak vitamin dan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi dan protein yang diperlukan oleh ibu hamil. Mengosumsi susu atau produk olahannya dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada janin dan dapat meringankan sakit perut atau heartburn yang sering dirasakan, serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Dengan begitu, tubuh Anda dan Si Kecil tidak akan kekurangan nutrisi. Sebagai alternatif, Anda juga dapat memilih produk olahan susu lainnya seperti yoghurt dan keju. (Fariza Rahmadinna/SW/Foto:Dok. Alicia Petresc/Unsplash)



Tags: nutrisi kehamilan,   makanan ibu hamil,   kehamilan trimester 3