Mother&Baby Indonesia
Daftar Buah yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Daftar Buah yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Pada dasarnya, buah mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun ternyata, ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Buah apa saja itu? M&B telah merangkum beberapa buah yang harus dihindari ibu hamil berikut ini:

1. Pepaya Muda

Pepaya muda dinilai berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ini karena kulit pepaya muda mengandung papain dan lateks dalam jumlah cukup tinggi. Papain dapat merangsang persalinan, sementara lateks dapat memicu persalinan dini dan alergi yang berbahaya bagi ibu hamil. Akan tetapi, pepaya matang justru aman dikonsumsi oleh ibu hamil, karena mengandung banyak vitamin seperti vitamin A dan folat yang sangat baik bagi ibu hamil.




Baca Juga: Hati-Hati! 5 Makanan Ini Bisa Akibatkan Keguguran Janin


2. Nanas yang Dikonsumsi Secara Berlebihan

Buah nanas mengandung enzim bromelain dalam jumlah yang cukup rendah dan tidak berbahaya bagi kehamilan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Bahkan, enzim bromelain dalam buah nanas dapat memicu pembukaan dan kontraksi rahim, serta dapat melunakkan leher rahim, sehingga mempermudah proses persalinan. Selain itu, buah nanas juga mengandung zat besi dan banyak vitamin C yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hanya tetap jangan terlalu banyak dan terlalu sering mengonsumsi nanas selama masa kehamilan ya, Moms.


Baca Juga: Mitos dan Manfaat Buah Nanas Bagi Wanita


Walaupun begitu, di awal kehamilan, sebaiknya Anda menghindari buah nanas karena dapat menyebabkan keguguran dan meningkatkan risiko melahirkan bayi dalam keadaan cacat. Ini karena enzim bromelain dapat menyebabkan pendarahan dan mengganggu keseimbangan protein, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi.

3. Durian

Saat masa kehamilan, Anda tetap boleh mengkonsumsi buah durian asalkan tidak berlebihan. Ini karena durian mengandung asam arachidonat dan alkohol yang dapat meningkatkan risiko bayi lahir dan kontraksi. Anda dapat mengonsumsi durian dua atau tiga biji sehari, setidaknya jumlah ini masih cukup untuk meredakan keinginan Anda saat ngidam ingin makan durian.




Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Jawabannya


4. Pisang Mentah

Sebagaimana diketahui, pisang memiliki manfaat baik untuk ibu hamil, seperti dapat meringankan morning sickness, menurunkan risiko bayi lahir cacat, dan meringankan kram kaki. Semua manfaat itu bisa dirasakan ibu hamil jika Anda mengonsumsi pisang matang.


Baca Juga : 9 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil


Berbeda dengan pisang matang, pisang mentah justru dapat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil, karena mengandung banyak pati resisten yang sulit dicerna tubuh. Selain itu, pisang mentah juga mengandung tanin yang dapat memperlambat proses pergerakan makanan di usus, sehingga dapat menyebabkan konstipasi pada ibu hamil.

5. Nangka

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa nangka dapat menyulitkan proses persalinan dan menyebabkan bayi lahir dalam kondisi cacat. Faktanya, belum ada penelitian lebih lanjut yang bisa membuktikan mitos tersebut. Namun, nangka termasuk buah bersifat ‘panas’ yang bisa membuat perut ibu hamil terasa panas setelah mengonsumsi nangka.

Selain itu, sebelum dikonsumsi Anda harus memastikan nangka dalam keadaan matang sempurna, karena nangka yang terlalu matang mengandung alkohol yang tidak baik bagi ibu hamil. Pada dasarnya, Anda masih boleh mengonsumsi nangka asalkan tidak berlebihan. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   buah yang dilarang ibu hamil