Mother&Baby Indonesia
Kalender Finansial untuk Menjalani Masa Kehamilan Anda

Kalender Finansial untuk Menjalani Masa Kehamilan Anda

Selain fisik dan mental, kesiapan finansial juga harus diperhatikan agar Anda dapat menjalani kehamilan dengan bahagia. Inilah yang harus Anda lakukan, Moms.

Minggu 1: Selamat Anda hamil, yuk cari tahu segalanya!

Tidak perlu menggunakan uang Anda untuk membeli berbagai macam buku tentang kehamilan atau mengunjungi berbagai macam dokter untuk konsultasi. Cari tahu lebih dulu hal-hal mendasar yang perlu Anda tahu tentang kehamilan Anda. Moms juga bisa bertanya pada orang-orang yang lebih berpengalaman.

Anda juga bisa mendapatkan aneka informasi di berbagai laman ibu dan anak tepercaya, seperti www.motherandbaby.co.id ini. Gunakan kehebatan dunia maya untuk mendapatkan berbagai tips dan informasi seputar kehamilan yang Anda butuhkan.




Baca Juga: 4 Cara Mengatur Keuangan Bersama Pasangan


Minggu 8: Memanjakan diri tidak harus dengan berbelanja.

Anda butuh memanjakan diri? Tidak harus berbelanja dan menghabiskan uang, kok! Coba relaksasi tubuh dengan mandi air hangat, makan malam sederhana di rumah bersama suami, atau sekadar membaca buku dan menonton drama seri favorit Anda. Aktivitas ini pasti bisa membuat Anda bahagia dan membantu menabung sedikit uang.


Baca Juga: 6 Cara Cerdas agar Belanja Bulanan Tidak Over Budget


Minggu 12: Mulai menabung.

Saatnya menabung untuk menyambut kehadiran Si Kecil. Anda juga perlu membuat rencana keuangan agar dapat membeli kebutuhan bayi dengan cara tepat.


Baca Juga: Anda Kesulitan Menabung? Ini Triknya!


Minggu 14: tetap fit dan memesona.

Menjaga tubuh agar tetap fit dan memesona saat hamil memang harus dilakukan, tapi tidak perlu dengan membayar biaya mahal untuk pergi ke gym atau mengikuti kelas yoga. Cukup jaga kondisi tubuh Anda dengan rutin berolahraga, seperti berjalan kaki, melakukan yoga, atau berenang.


Baca Juga: 4 Olahraga yang Efektif Membangkitkan Mood Anda




Minggu 18: Kenyamanan yang utama.

Tidak perlu mengganti semua koleksi pakaian Anda dengan baju hamil. Gunakan yang ada dan jangan gengsi untuk menerima lungsuran atau pinjaman dari teman.


Baca Juga: Tetap Tampil Penuh Gaya dengan Biaya Irit saat Hamil


Minggu 20: Laki-laki atau perempuan.

Baik laki-laki atau perempuan, Anda pasti sudah mulai tidak sabar untuk membeli semua kebutuhan calon bayi Anda. Sebelum melakukannya, pastikan Anda membuat daftar terlebih dahulu seperti persiapan nama bayi dan kebutuhan lain. Tentukan skala prioritas. Ingat! Anda tidak pernah tahu kado apa yang akan diberikan oleh kerabat dan teman-teman Anda saat melahirkan nanti.


Baca Juga: 7 Persiapan untuk Menghadapi Masalah Persalinan


Minggu 25: Putuskan sekarang!

Segera putuskan apakah Anda akan kembali bekerja setelah melahirkan atau tidak, Keputusan ini penting untuk menentukan kebutuhan finansial keluarga Anda nantinya. Putuskan sekarang, sebelum pikiran Anda teralihkan oleh kehadiran bayi.

Minggu 30: Saatnya berbelanja.

Boks bayi, high chair, car seat, semuanya terdengar mahal, bukan? Anda tidak perlu membeli semuanya. Saat ini ada banyak tempat yang menyewakan peralatan bayi. Anda bisa memanfaatkannya dan mencari yang terdekat dengan tempat tinggal.

Atau ketika ada kerabat atau teman yang bertanya Anda ingin diberi kado apa, sebutkan secara spesifik. Jangan ragu menyebutkan barang yang terasa mahal, karena mereka biasanya akan membelikan secara urunan.


Baca Juga: Mempersiapkan Kebutuhan Bayi, Pinjam atau Beli?


Minggu 40: Selamat atas kelahiran bayi Anda!

Kini Anda punya banyak baju bayi dalam 1 ukuran? Simpan saja untuk kado pada teman Anda yang hamil nantinya, sehingga Anda tidak perlu keluar uang lagi untuk membelikannya hadiah. Anda juga tidak perlu mendaftarkan diri untuk mengikuti klub ibu dan anak yang membutuhkan biaya. Cukup datangi taman dekat rumah dan Anda bisa bertemu dengan ibu-ibu yang lain beserta bayi mereka. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil










Cover Mei-Juni-Juli 2020