Mother&Baby Indonesia
Buah yang Aman untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

Buah yang Aman untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

Asupan nutrisi sangat penting diperhatikan bagi para ibu yang sedang hamil. Apalagi ketika di saat bersamaan Anda juga menderita diabetes saat hamil atau disebut dengan diabetes gestasional. Moms mungkin tidak bisa makan makanan sembarangan karena perlu memperhatikan kadar gula agar tidak mengganggu kesehatan Anda selama masa kehamilan.

Selain menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, Moms juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat, salah satunya adalah buah-buahan. Bagi Moms yang menderita diabetes gestasional, sebaiknya Anda memilih buah yang rendah kalori dan tidak terlalu banyak mengandung gula guna mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

Nah, berikut M&B memberikan rekomendasi buah-buahan yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil yang menderita diabetes.




1. Jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin C bisa menjadi pilihan camilan saat hamil karena memiliki kandungan kalori dan gula yang rendah. Umumnya jeruk memiliki kadar gula sebanyak 12 gram per buah dan kurang dari 70 kalori.


2. Lemon

Sama dengan jeruk, buah lemon juga kaya akan vitamin C. Buah ini tidak mengandung banyak gula karena rasanya yang cukup asam dan bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk kebutuhan cairan di tubuh dan membantu mengontrol nafsu makan Anda.


3. Mangga

Buah mangga adalah salah satu sumber vitamin C lainnya yang baik untuk tubuh. Selain itu, mangga kaya akan vitamin A. Buah mangga juga bisa menjadi tambahan asupan nutrisi yang baik dikonsumsi saat hamil dan dapat anda padukan dengan buah atau makanan lainnya.


4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang rendah gula. Alpukat mentah bahkan hanya mengandung satu gram gula. Di sisi lain, alpukat mengandung lemak sehat yang dapat membuat Moms merasa kenyang.


5. Semangka

Salah satu buah yang memiliki kadar air terbanyak ini juga mengandung kadar gula yang rendah. Secangkir buah semangka yang dipotong dadu memiliki kadar gula di bawah 10 gram. Selain itu, semangka juga merupakan sumber zat besi lho, Moms.




6. Blewah

Buah blewah mengandung banyak vitamin A. Secangkir buah blewah mengandung kurang dari 13 gram gula. Kadar gulanya mungkin sedikit lebih tinggi dari buah-buah lainnya, namun ini tidak sebanding dengan sekaleng soda atau setara dengan 12 ons, yang memiliki kadar gula hampir 40 gram dan nilai gizinya yang juga sedikit.


7. Strawberry

Meski rasanya manis dan sangat lezat, ternyata strawberry merupakan buah yang memiliki kadar gula yang rendah. Satu cangkir strawberry mentah mengandung sekitar tujuh gram gula.


8. Blackberry

Selain tinggi antioksidan dan serat, Blackberry juga hanya mengandung tujuh gram gula per cangkirnya. Jadi Moms tidak perlu merasa bersalah ketika menjadikan buah beri hitam ini sebagai camilan.


9. Apel

Apel dikenal sebagai buah yang mengandung cukup banyak gula. Namun sebenarnya kandungan gula dalam buah apel merupakan fruktosa. Tak perlu khawatir Moms, fruktosa yang dikonsumsi pada buah utuh hanya memiliki efek yang sangat kecil pada kadar gula darah Anda.


10. Persik

Buah persik bisa menjadi buah yang sangat manis. Namun ternyata buah persik yang berukuran sedang hanya mengandung kadar gula sebanyak 13 gram. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   diabetes gestasional,   buah rendah gula










Cover April 2020