Mother&Baby Indonesia
Waspada Zombie Marriage, saat Pernikahan Terasa Hambar

Waspada Zombie Marriage, saat Pernikahan Terasa Hambar

Menikah dan hidup bersama sosok yang dicintai merupakan sebuah anugerah. Ikrar sehidup semati merupakan janji suci yang selalu dipegang. Tapi, ada kalanya cinta tak bisa mempertahankan gairah dalam kehidupan pernikahan. Kemudian sehari-hari hanya melakukan rutinitas tanpa lagi memaknainya. Kondisi ini sering disebut sebagai zombie marriage.

Apa Itu Zombie Marriage?


Melansir Her World, Andrew Marshall, terapis pernikahan dan penulis buku ‘I Love You, but I’m Not in Love With You’, menemukan bahwa 24% pasangan yang memakai jasa konselingnya diidentifikasi sebagai pasangan yang ‘mencintai pasangannya, tapi kini tak lagi merasakan hal yang sama/pasangan saya tak lagi mencintai saya.”

Jadi seperti zombie yang jiwanya sudah mati tapi masih bisa berjalan dan memangsa manusia demi memenuhi kebutuhan perutnya, pernikahan juga dapat berjalan seakan tanpa masalah padahal gairah sudah tak lagi membara.

Pernikahan memang tidak benar-benar mati (secara harfiah), tapi kehidupan sehari-hari tak lagi dilakukan dengan penuh makna. Baik Anda maupun pasangan mungkin tak menyadari bahwa hubungan sudah tak lagi ‘hidup’, tapi rutinitas tetap terus dilakukan.

Yang bahaya, masing-masing pasangan mungkin tak mengakui bahwa ada hal yang salah dan tidak mendiskusikannya, malah memilih untuk berpura-pura tidak mengetahuinya atau mengacuhkannya. Alasannya, untuk mempertahankan ‘kestabilan’ rumah tangga.

Tidak hanya itu, alasan lain yang tak kalah populer adalah untuk menjaga Si Kecil. Memang terkadang tampaknya masih bisa mengobrol layaknya teman, tapi sebenarnya keintiman dan gairah sudah tak lagi ada di dalam hubungan.

Orang lain mungkin juga tidak akan menyangka karena semuanya tampak normal. Bangun pagi, sarapan bersama, mengantar Si Kecil sekolah, membersihkan rumah atau bekerja, pulang, menjemput Si Kecil, makan malam bersama, tidur, lalu begitu seterusnya. Rutinitas ini dijalankan tanpa menikmatinya dan memahami tujuan. Marshall mengatakan bahwa kondisi ini dapat terjadi selama bertahun-tahun.

9 Tanda Zombie Marriage

Selama 30 tahun praktik di Britania Raya, Marshall menemukan banyak pasangan yang tidak peduli akan tanda-tanda masalah dalam pernikahan mereka, malah melanjutkan kehidupan secara ‘normal’ daripada mengatasi permasalahan tersebut. Inilah permasalahan pada zombie marriage, hubungan tidak langsung mati dan kandas, melainkan terus berjalan tanpa arah.

Jangan khawatir, karena Anda bisa mendeteksi kondisi hubungan Anda dan pasangan dengan beberapa tanda berikut. Simak pernyataan berikut dan pilih yang Anda setujui:

1. Terdapat banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga, tapi kami berdua jarang menghabiskan waktu sebagai pasangan.

2. Kami jarang melakukan hubungan intim, bahkan saya mungkin lupa kapan terakhir kali kami berhubungan intim. Sekalipun dilakukan, bercinta tak terasa menyenangkan dan seakan dilakukan untuk memenuhi tanggung jawab.

3. Saya merasa sedang memiliki ‘perdebatan sunyi’ yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, tapi saya tidak tahu bagaimana hal ini dimulai atau tentang apa.

4. Ada saat-saat di mana saya takut pasangan saya pulang.

5. Ada hal-hal yang saya tak bisa maafkan dari masa lalu pasangan, atau saya telah melakukan hal yang pasangan saya tak bisa maafkan.

6. Saya menahan diri setiap saat karena ada semakin banyak topik yang tak bisa kami sepakati bersama.

7. Sangat sulit melewati akhir pekan tanpa memikirkan teman spesial di tempat kerja maupun pesan-pesan centil yang menggoda.

8. Saya dulu sempat marah kepada pasangan, tapi walaupun belakangan ini ia kadang sangat menjengkelkan, saya memilih untuk bersikap acuh.

9. Saya sering berfantasi tentang memulai hidup baru ketika anak-anak sudah besar maupun saat mereka sudah tidak tinggal di rumah.

Hitung pernyataan yang Anda rasa familiar dengan kondisi yang Anda alami. Bila Anda setuju dengan dua dari pernyataan di atas, maka memang ada yang harus diperhatikan tapi Anda belum dalam kondisi zombie marriage. Bila Anda setuju tiga dari pernyataan di atas, maka Anda sudah di ambang memasuki kondisi zombie marriage. Dan bila Anda setuju empat atau lebih dari pernyataan di atas, maka Anda sudah berada di kondisi zombie marriage.

Hadapi dengan 9 Cara

Berapa banyak pernyataan yang Anda setujui? Jangan khawatir, karena masih ada cara untuk menghidupkan kembali hubungan pernikahan Anda. Marshall memberikan 9 cara untuk menyelamatkan hubungan, Anda:

1. Habiskan akhir pekan hanya berdua dengan pasangan.

2. Adopsi kebiasaan untuk menghabiskan waktu bersama, seperti makan malam bersama atau menonton tv bersama.

3. Jelaskan apa yang Anda inginkan, daripada mengharapkan pasangan untuk membaca pikiran Anda.

4. Pahami bahwa mengatakan ‘tidak’ atau ‘mungkin’ bukanlah masalah, dan negosiasikan solusi bersama.

5. Berikan lebih banyak sentuhan, seperti berpelukan saat menonton televisi atau memberikan pijatan.

6. Selesaikan masalah-masalah kecil daripada membiarkannya, karena ini akan membangun kepercayaan diri untuk menyelesaikan masalah lain yang lebih berat.

7. Kunci kamar Anda sehingga Anda dapat memiliki ruang privasi untuk melakukan hubungan intim tanpa ketakutan.

8. Berikan perhatian penuh saat pasangan sedang berbicara dengan Anda. Singkirkan ponsel Anda sejenak.

9. Perbanyak memberikan pujian, ucapan terima kasih dan senyuman. Sebab, dibutuhkan lima interaksi positif untuk menghilangkan satu sikap sinis. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: zombie marriage,   pernikahan,   konflik,   suami istri,   keluarga