Mother&Baby Indonesia
Tips Aman Berhubungan Intim Selama Pandemi Corona

Tips Aman Berhubungan Intim Selama Pandemi Corona

Pandemi COVID-19 yang berlangsung saat ini memang telah memberikan dampak pada semua aspek kehidupan kita, termasuk mungkin juga urusan bercinta dengan pasangan. Ya, di tengah wabah virus corona ketika semua orang diimbau untuk menerapkan social distancing atau physical distancing serta menjaga jarak aman untuk mencegah penyebaran virus tersebut, bisa jadi muncul pertanyaan di benak Anda atau pasangan, amankah berhubungan intim dengan pasangan?

Aman atau Tidak Berhubungan Intim dengan Pasangan?

Seperti sudah kita ketahui, penyebaran virus corona dari satu orang ke orang lain terjadi dengan sangat cepat. Seseorang berisiko terinfeksi virus tersebut jika ia mendapat paparan dari droplet atau percikan air liur orang lain yang positif COVID-19.

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa virus COVID-19 bisa ditularkan melalui hubungan seks. “Meskipun begitu, ciuman merupakan praktik yang sangat umum dilakukan saat berhubungan intim, dan karena virus COVID-19 bisa ditularkan melalui air liur, jadi virus tersebut juga bisa ditularkan melalui ciuman,” ujar Dr. Carlos Rodriguez-Diaz, profesor di Milken Institute School of Public Health, George Washington University, seperti dikutip dari The Guardian.


Baca Juga: Pilihan Posisi Bercinta yang Sangat Intim


Sementara itu, Dr. Jessica Justman profesor dan dokter di Divisi Penyakit Menular Columbia University Irving Medical Center menyarankan bahwa orang yang mengalami gejala virus corona, seperti demam, batuk, dan sesak napas, harus mengisolasi diri dan menjaga jarak dengan orang lain, termasuk dengan pasangannya.

Meskipun begitu, jika Moms dan pasangan dalam keadaan sehat dan tidak mengalami gejala apa pun terkait virus tersebut, Dr. Justman berpendapat Anda dan pasangan boleh melakukan hubungan intim. Bahkan, seks bisa menjadi cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk menghilangkan kecemasan akibat pandemi lho, Moms.


Baca Juga: Tetap Harmonis dengan Pasangan Selama Pandemi Corona


Tips Aman Berhubungan Intim saat Pandemi COVID-19

Dikutip dari British Association for Sexual Health and HIV, jika selama ini Moms dan pasangan selalu berada di rumah bersama-sama melakukan karantina mandiri, maka Anda berdua sah-sah saja jika ingin melakukan hubungan intim.

Namun, jika salah satu dari Anda masih harus pergi keluar rumah, baik karena urusan pekerjaan maupun sekadar berbelanja, maka sesampainya di rumah, Anda ataupun pasangan mesti membersihkan tubuh dengan benar sebelum berhubungan intim, karena bisa jadi Anda berisiko terpapar virus saat berada di luar rumah.

Berikut ini tips aman untuk Anda yang ingin bercinta dengan pasangan:

1. Seperti disebutkan di atas, jika Anda berdua selama ini selalu berada di rumah dan mengisolasi diri, maka berhubungan seks masih tergolong aman dilakukan. Namun jika salah satu dari Anda masih harus keluar rumah, Anda tidak tahu apakah Anda telah terpapar virus corona selama di luar sana atau tidak. Karena itu, bersihkan diri dengan benar begitu sampai di rumah.

2. Pastikan Anda sudah membersihkan tubuh dengan benar, baik dengan cara mandi atau mencuci tangan hingga bersih, sebelum menyentuh pasangan Anda.

3. Hindari berciuman dengan pasangan untuk sementara waktu untuk mencegah terpapar dari droplet atau percikan air liur pasangan.

4. Pilih posisi bercinta yang tidak berhadapan, juga untuk alasan yang sama.

5. Usai berhubungan intim, mandi dan bersihkan kembali tubuh Anda dengan benar, termasuk bilas organ intim Anda. Ini perlu dilakukan bukan semata untuk mencegah infeksi COVID-19, tapi juga menjaga Anda berdua dari risiko infeksi lainnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   seks,   pernikahan,   suami istri,   kesehatan,   virus corona,   covid-19










Cover April 2020