Mother&Baby Indonesia
Cara Mengatasi Masalah Kuku Cantengan pada Anak

Cara Mengatasi Masalah Kuku Cantengan pada Anak

Kuku cantengan merupakan kondisi kuku yang tumbuh ke dalam kulit, hingga menimbulkan rasa sakit, kemerahan di pingir kulit area kuku, dan bengkak. Masalah ini umumnya terjadi pada jari kaki, namun bisa juga muncul di jari tangan.

Kondisi kuku cantengan pun tak hanya dialami orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Penyebabnya bisa karena memotong kuku Si Kecil terlalu pendek, kebersihan kuku yang kurang sempurna, dan juga karena penggunaan alas kaki yang terlalu sempit.

Tak hanya itu, kebiasaan menggigit kuku karena tegang atau stres yang dirasakan Si Kecil juga bisa menimbulkan masalah kuku cantengan. Untuk itu, jika anak Anda menderita kuku cantengan, segera tangani kondisi tersebut dengan cara berikut, Moms!



1. Merendam Kuku

Rasa sakit dan bengkak karena kuku cantengan bisa mereda dengan merendam kuku Si Kecil dengan air sabun selama 10 menit. Anda juga bisa melakukannya dengan air hangat yang dicampur garam dengan durasi waktu yang sama. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari hingga cantengan hilang.



2. Memakai Alas Kaki yang Nyaman

Sebagai pencegahan dan cara mengatasi kuku cantengan, usahakan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman pada anak. Jangan terlalu ketat apalagi kekecilan, baik untuk sepatu, kaus kaki, ataupun sandal. Saat di rumah saja, Moms boleh membiarkan Si Kecil bertelanjang kaki dalam beraktivitas.



3. Memberi Obat Pereda Nyeri

Rasa sakit yang dirasakan anak saat kuku cantengan tentu bisa diatasi dengan pemberian obat. Untuk yang berbahan alami, Moms bisa siapkan campuran parutan jahe dan minyak kelapa, atau parutan bawang putih yang dicampur minyak kelapa, lalu dibalurkan ke kuku yang mengalami cantengan.

Selain itu, pemberian essential oil juga bisa dilakukan, meski tetap harus ditambahkan minyak zaitun murni agar tak menyebabkan iritasi lebih lanjut. Memberikan obat telan juga menjadi cara lain, namun tidak boleh dilakukan sembarangan dan perlu dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

4. Tindakan Bedah

Apabila kuku cantengan yang dialami Si Kecil sudah cukup parah, seperti hingga keluar nanah, biasanya dokter akan memberikan krim antibiotik. Tetapi jika kondisinya tak membaik hingga satu minggu, maka akan dipertimbangkan penanganan dengan tindakan bedah agar infeksi dari kuku cantengan bisa disembuhkan.

5. Ganti Kebiasaan

Meski bukan perkara mudah, ada baiknya kebiasaan Si Kecil untuk menggigit kuku harus dikurangi. Jika ia mulai tegang atau stres, Anda bisa membantu ia menghilangkannya, misalnya dengan meniup ujung ibu jari atau menggoyangkan tangan hingga rasa tertekannya bisa berkurang. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   kuku,   kuku cantengan,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020