Mother&Baby Indonesia
Jangan Panik, Lakukan Ini saat Anak Demam

Jangan Panik, Lakukan Ini saat Anak Demam

Sebagian besar orang tua akan merasa sangat khawatir saat anak mereka mengalami demam. Hal itu merupakan reaksi wajar. Namun perlu diketahui, ketika anak Anda demam, itu adalah tanda bahwa tubuhnya sedang melawan infeksi yang ingin menyerang sistem imun.

Anak bisa dikatakan demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat Celsius atau lebih. Kondisi seperti ini tentu membuat anak menjadi kurang bersemangat dan tidur menjadi tidak nyenyak. Akan tetapi, Anda diharapkan untuk tidak panik berlebihan, karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat anak demam. Yuk, simak ulasannya, Moms!




1. Mengompres Anak 

Ketika anak demam, kompres Si Kecil menggunakan air hangat untuk membantu menurunkan panas agar suhu tubuh anak kembali normal. Air hangat dapat mempercepat proses penguapan, yaitu mengeluarkan panas melalui pori-pori kulit, sehingga membuat suhu tubuh anak perlahan-perlahan menurun. Anda dapat mengompres air hangat pada bagian lipatan ketiak atau selangkangan. Lakukan selama 10-15 menit cukup untuk membantu menurunkan panas.


Baca Juga: Waktu Terbaik Periksakan Anak Ke Dokter


2. Berikan Makanan yang Mengandung Probiotik Dan Berprotein

Saat anak demam, berikan ia makanan yang mengandung protein dan probiotik. Protein dapat memberikan energi tambahan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan agar mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Anda dapat menemukan protein di dalam telur, ayam, tahu, tempe, dan daging. Makanan kaya protein dapat membantu mempercepat proses pemulihan setelah suhu tubuh anak kembali normal.

Tak hanya makanan berprotein, makanan yang mengandung probiotik juga dapat membantu menurunkan demam pada anak. Ini karena kandungan bakteri baiknya yang mampu menjaga keseimbangan bakteri pada usus. Tempe dan yoghurt adalah salah satu makanan yang mengandung probiotik.


3. Memperbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat membantu tubuh Si Kecil mempercepat proses pengeluaran suhu panas. Perlu diketahui, ketika demam tubuh anak akan mengalami penguapan cairan, sehingga mereka cenderung mudah merasa haus dan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, usahakan untuk memperbanyak minum air putih agar Si Kecil tidak merasa lemas dan tetap bisa memenuhi cairan di dalam tubuh.


Baca Juga: Anak Tidak Suka Minum Air Putih? 4 Cara Ini Solusinya




4. Berikan Buah-Buahan Segar

Memberikan buah-buahan segar saat anak demam dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya sekaligus menurunkan suhu tubuh menjadi normal. Buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh Si Kecil saat demam.

Pilihan buah yang dapat dikonsumsi antara lain semangka, jeruk, kiwi dan nanas, karena mengandung cairan yang cukup banyak. Ada juga pisang yang dapat menurunkan demam, berkat kandungan kalium di dalamnya.


Baca Juga: Moms, Ini Buah & Sayuran yang Baik untuk Si Kecil


5. Menggunakan Baju yang Nyaman

Saat demam, Anda perlu memastikan pakaian yang Si Kecil kenakan nyaman, karena dapat mempengaruhi kondisi tubuhnya. Jika demam disertai dengan menggigil, gunakan baju hangat dan selimut untuk menjaganya agar tidak kedinginan.


6. Menjaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk

Anda juga perlu memastikan suhu ruangan atau kamar anak tetap sejuk dan nyaman. Anda boleh menggunakan alat bantu penyejuk ruangan seperti kipas angin atau AC untuk membantu sirkulasi udara, asalkan masih pada batas normal.

Inilah yang bisa Anda lakukan ketika anak demam. Jika suhu tubuh anak tidak kunjung normal dalam beberapa hari, segera periksakan Si Kecil ke dokter ya, Moms. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Peoplecreations/Freepik)



Tags: anak demam,   balita demam,   kesehatan