Mother&Baby Indonesia
5 Kualitas Hidup yang Meningkat Selama #DiRumahAja

5 Kualitas Hidup yang Meningkat Selama #DiRumahAja

Tetap tinggal di rumah selama pandemi COVID-19 rupanya menjadi kesempatan baik untuk memperbaiki kualitas hidup kita, Moms. Dengan tinggal di rumah, makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih sehat karena dimasak sendiri dan jauh lebih hemat. Demikian juga dengan berolahraga dan bisa lebih dekat dengan keluarga, hal-hal yang selama ini mungkin menjadi kesempatan langka buat Anda ya, Moms.

Tanpa Anda sadari, selama #DiRumahAja ada beberapa kualitas hidup Anda yang meningkat, Moms. Hal ini diungkapkan oleh ahli gizi dan nutrisi Dr. dr. Tan Shot Yen, dalam bincang-bicang melalui IG Live bersama Wahana Visi Indonesia beberapa waktu lalu. Dr. Tan menyampaikan kondisi di rumah ini meningkatkan kualitas 5K, yaitu:

1. Kesehatan

Dengan tinggal di rumah, Anda justru bisa lebih mengontrol makanan yang masuk ke tubuh. Jika biasanya mungkin Moms suka jajan, sekarang mau tidak mau harus masak sendiri. Anda bisa memilih masak makanan yang sehat dengan merencanakannya. “Buat perencanaan menu untuk seminggu dan beli bahan-bahannya sesuai dengan rencana yang sudah disusun,” ujar dr. Tan.



2. Karier

Bekerja dari rumah bukan berarti tidak bisa produktif. Tetapkan jadwal bangun tidur, masak dan bekerja, serta berpakaianlah yang rapi seolah-olah akan berangkat kerja. Hal ini akan menimbulkan semangat untuk bekerja. Jika ternyata masa pandemi ini justru terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), menurut dr. Tan, hal ini justru dapat menjadi momentum untuk refleksi, apakah pekerjaan tersebut memang pekerjaan yang tepat untuk Anda atau Anda justru dapat melihat peluang lain.

3. Keuangan

Tinggal di rumah seharusnya membuat pengeluaran jauh lebih kecil, karena tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi atau jajan yang tidak perlu. Memasak sendiri juga akan jauh lebih menghemat pengeluaran ketimbang makan di restoran atau kafe seperti yang biasa dilakukan setiap akhir pekan.

4. Kedekatan

Saat berada #DiRumahAja, kedekatan Anda dengan keluarga juga seharusnya membaik. Waktu bersama pasangan dan anak-anak yang selama ini mungkin sedikit, dengan berada di rumah, harus dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kualitas hubungan. Berada di rumah sepanjang waktu juga menjadi kesempatan untuk lebih memperhatikan rumah dengan merapikan rumah atau mendekorasi rumah sehingga menjadi lebih nyaman.



5. Kedermawanan

Momentum pandemi ini juga dapat meningkatkan kedermawanan Anda dengan lebih peduli akan kebutuhan orang lain. Misalnya jika ada tetangga yang positif COVID-19, Anda bersama tetangga yang lain bisa menggalang kepedulian dengan memberi bantuan logistik atau makanan yang dibutuhkan oleh keluarga tersebut.

Namun saat memberikan bantuan, dr. Tan mengingatkan bahwa Anda perlu berhati-hati. Ketika memberikan bantuan sembako, misalnya, pilih yang memang dibutuhkan tubuh untuk keberlanjutan hidup, seperti makanan pokok (beras/umbi-umbian), telur, daging. Bukan mi instan, MPASI pabrikan, atau bahkan rokok.

“Selain itu, pemberian bantuan harus terstruktur, sehingga penyalurannya jelas dan tepat sasaran,” jelas dr. Tan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   covid-19,   kualitas hidup