Mother&Baby Indonesia
5 Tips Memilih Perusahaan yang Tepat

5 Tips Memilih Perusahaan yang Tepat

Ketika memutuskan untuk bekerja, mungkin Moms sudah membayangkan di perusahaan seperti apa Anda akan bekerja. Namun sayangnya, informasi yang dibutuhkan tidak selalu didapatkan. Sebagian besar informasi, baik yang diperoleh dari cerita orang, internet, atau proses wawancara hanya memberikan sedikit gambaran perusahaan.

Selain gaji, gaya komunikasi, dan budaya, mengetahui gambaran tentang perusahaan turut menjadi faktor penentu kenyamanan saat Moms bekerja nanti. Nah, sebelum Anda benar-benar bekerja di suatu perusahaan, Moms bisa menanyakan 5 hal berikut mengenai gambaran tentang perusahaan yang dituju:



1. Deskripsi Pekerjaan

Salah satu cara paling ampuh untuk mengetahui pendekatan perusahaan adalah dengan melihat deskripsi pekerjaan. Saat diwawancara, perhatikan detail deskripsi pekerjaan yang dijelaskan pihak perusahaan. Perhatikan pula apakah perusahaan membagikan informasi mengenai perkembangan perusahaan, budaya kerja, fasilitas, dan keuntungan bila bergabung. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut menghargai karyawannya. Jika tidak, tanyakan hal-hal itu kepada pewawancara Anda.



2. Gaya Komunikasi

Ketika mengirim surat lamaran, Anda akan terlibat komunikasi, baik dengan HRD atau pun manajer. Siapa pun yang Anda temui, perhatikan beberapa hal seperti ketepatan waktu dan pendekatan yang digunakan. Apakah perusahaan memberikan kabar dalam jangka waktu yang masuk akal? Lalu, apakah Anda merasa nyaman dengan gaya bicara berbagai pihak yang Anda temui? Kedua hal ini dapat memberikan gambaran mengenai karakter dari rekan kerja atau bahkan manajer Anda kelak.



3. Observasi saat Wawancara

Proses wawancara adalah kesempatan paling besar untuk mengamati lingkungan kerja. Amati cara perusahaan menangani keseluruhan proses wawancara, dari fokus masing-masing tahap, hingga pihak-pihak yang Anda temui. Apakah Anda mengetahui akan bertemu dengan siapa di tahap selanjutnya atau malah dirahasiakan? Manajemen yang baik ditandai dengan kesinambungan pertanyaan dalam setiap tahap. Pertanyaan yang berulang-ulang tanpa arah yang jelas menunjukkan sistem pengelolaan perusahaan yang kurang baik.



4. Tes

Dalam proses wawancara, sering kali Anda diminta untuk mengerjakan beberapa tes sehubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal yang paling penting dalam memilih perusahaan adalah minat pada pekerjaan Anda kelak. Tes yang diberikan sering kali mengindikasikan tugas-tugas rutin yang perlu dikerjakan setelah bergabung dengan perusahaan. Jika Anda cenderung menyukai tes-tes yang diberikan, ini adalah pertanda baik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

5. Pengalaman Pegawai

Pada tahap wawancara, jangan sia-siakan kesempatan untuk bertanya. Hal-hal yang sebaiknya Anda tanyakan, jika belum dijelaskan di dalam wawancara adalah: program pengembangan karyawan, work-life balance, fleksibilitas waktu, dan lain-lain. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu bekerja,   karier ibu,   memilih perusahaan