Mother&Baby Indonesia
8 Etika Online Meeting saat Bekerja dari Rumah

8 Etika Online Meeting saat Bekerja dari Rumah

Moms, apakah tempat Anda bekerja sedang menjalani sistem kerja dari rumah atau work from home di tengah pandemi corona seperti sekarang ini? Bila ya, maka online meeting atau rapat online bukan hal asing lagi bagi Anda.

Sebenarnya online meeting bukanlah hal baru bagi para pekerja di dunia. Cara ini lumrah dilakukan di zaman teknologi yang sudah super canggih, sehingga Anda dan rekan kerja memungkinkan untuk berkomunikasi atau berkoordinasi dengan tim Anda di tempat yang berbeda.

Meski online meeting ini dilakukan dari lokasi yang berbeda-beda atau bahkan di rumah, Moms juga perlu memperhatikan etika ketika online meeting ini berlangsung. Nah berikut beberapa etika online meeting yang perlu Anda perhatikan, Moms.




1. Kenakan Pakaian yang Tepat

Meski sedang tidak berada di lingkungan kantor bukan berarti Anda tidak bisa berpakaian rapi seperti biasanya Moms. Usahakan untuk selalu mengenakan pakaian yang rapi saat menjalani online meeting terutama ketika harus melakukan sesi panggilan video dengan klien. Moms bisa mengenakan kemeja sebagai atasan, dan celana pendek sebagai bawahan.


Baca Juga: 7 Tips Agar Tetap Produktif saat Bekerja #DiRumahAja


2. Pakai Earphone Ideal

Agar lebih fokus mendengarkan apa yang sedang dibicarakan peserta rapat pada online meeting, sebaiknya Moms menggunakan earphone atau headphone. Penggunaan earphone ini juga bisa meminimalisir suara-suara bising yang mungkin saja terdengar dari ruangan yang Anda pakai ketika melakukan online meeting.


3. Aktifkan Mode Mute Ketika Sedang Tidak Berbicara

Untuk menjaga suasana meeting tetap kondusif, sebaiknya ketika sedang tidak berbicara, Moms mengaktifkan mode mute pada aplikasi yang Anda gunakan. Karena pada dasarnya akan ada banyak suara yang masuk ketika meeting berlangsung.


4. Kurangi Kebisingan

Usahakan untuk mengurangi kebisingan suara yang ada di ruangan saat Moms melakukan online meeting. Karena suara bising tersebut bisa saja terdengar oleh rekan kerja atau klien Anda. Pastikan ponsel Anda dalam mode silent dan tidak bergetar, serta tutup jendela dan pintu untuk membatasi kebisingan dari luar.




Baca Juga: 15 Tips Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui


5. Bersikap Sopan

Saat ada rekan kerja atau klien Anda berbicara usahakan untuk mendengarkan apa yang ia bicarakan hingga selesai, jangan menyela. Berikan komentar Anda saat diminta. Bila Moms memiliki pertanyaan, ajukan pertanyaan dengan sopan dan jawab pertanyaan apa pun dengan cara yang sama.


6. Jangan Menganggu Perhatian Orang Lain

Hindari melakukan hal-hal yang menganggu perhatian rekan kerja atau klien Anda saat online meeting, seperti memainkan jari tangan Anda atau membuat sesuatu dari kertas. Usahakan pula untuk tidak terkantuk-kantuk dan menahan menguap ketika rapat sedang berlangsung.


7. Beri Informasi Bila Anda Harus Meninggalkan Meeting Sejenak

Pastikan rekan kerja atau klien mengetahui apa yang hendak Moms lakukan ketika meeting berlangsung. Misalnya Moms bisa menginformasikan pada peserta meeting bila Anda harus meninggalkan meeting sejenak untuk pergi ke toilet.


8. Hindari Makan dan Minum

Sebaiknya Moms menghindari kegiatan makan atau minum saat melakukan online meeting. Apalagi bila Moms makan sambil mengungkapkan ide-ide ketika meeting berlangsung dengan klien. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik) 



Tags: keluarga,   ibu bekerja,   online meeting,   work from home