Mother&Baby Indonesia
Tips Aman Mencegah Kriminalitas di Masa Pandemi

Tips Aman Mencegah Kriminalitas di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung lumayan lama ternyata juga berefek langsung pada sistem sosial dan perekonomian masyarakat. Badai COVID-19 juga berpengaruh langsung pada meningkatnya angka kriminalitas. melansir CNN Indonesia, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana menyatakan bahwa tingkat kriminalitas di wilayah hukumnya naik selama masa pandemi virus corona.

Terjadi peningkatan kasus sebesar 10% pada bulan April dibandingkan Maret 2020. Tindak kejahatan yang meningkat, yakni kasus perampokan atau pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor, penyalahgunaan narkoba, hingga penipuan.

Kondisi tersebut tentu menuntut kita untuk lebih waspada pada lingkungan, baik ketika di rumah maupun saat harus terpaksa bepergian ke luar. Berikut ini tips yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan kewaspadaan demi keamanan Anda dan keluarga!



Selalu Menjaga Keamanan Rumah


Moms, selalu pastikan semua pintu rumah dalam keadaan terkunci, begitupun dengan jendela, khususnya malam hari, ketika keadaan sepi, atau ketika Anda pergi. Pintu rumah dan jendela boleh dibuka sesekali saat orang rumah juga sedang aktif dengan aktivitas saja, ya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir, pembobolan, pencurian atau perampokan di rumah.

Memasang Unit Keamanan di Rumah

Untuk meminimalisir pembobolan paksa, Anda juga dapat memasang teralis besi pada setiap jendela rumah. Teralis sangat berguna untuk menjaga keamanan rumah agar tidak mudah didobrak ataupun dibobol. Moms juga dapat memasang kamera pengawas CCTV untuk memantau keadaan. Jika perlu, Anda bisa menerapkan sistem smart home pada rumah Anda.

Waspada pada Orang Asing

Waspadai tamu yang datang berkunjung. Ingat, selalu berhati-hati apabila ada orang yang tidak dikenal mencoba berkunjung ataupun masuk rumah dengan tujuan yang tidak jelas.

Waspada pada orang tak dikenal juga berlaku saat Anda bepergian ke luar rumah. Selalu berlakukan physical distancing dan jangan mudah percaya pada orang yang baru saja Anda temui, karena mungkin saja orang tersebut adalah penipu yang ingin mengelabui Anda. Apalagi pada orang baru yang seolah mau membantu Anda ketika berada di mesin ATM, karena terbukti sudah banyak kasus penipuan terkait pembobolan kartu ATM.

Jangan Sering Bepergian

Moms, usahakan tidak perlu bepergian ke luar rumah saat masa pandemi. Selain untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, Moms juga bisa menghindari kejahatan yang mungkin terjadi di luar. Jika hendak bepergian juga, pastikan Anda tidak menggunakan aksesori mencolok yang dapat mengundang perhatian dan tidak bepergian di malam hari.



Akibat social distancing jalanan menjadi semakin sepi dan akan berbahaya bagi Anda bila keluar pada malam hari. Jika Anda terpaksa harus keluar, pastikan Anda tidak sendiri, ajak suami atau keluarga lain untuk berjaga-jaga.

Kunci Selalu Kendaraan Anda


Selalu pastikan kondisi kendaraan yang terparkir sudah terkunci baik yang diparkir di garasi, halaman rumah, ataupun ketika Anda berada di luar rumah. Hal ini penting karena aksi pencurian tengah marak terjadi di berbagai daerah, sasarannya justru tempat-tempat ramai seperti toko swalayan.

Bagi kendaraan bermotor, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa saat diparkir, motor sudah dikunci stang sehingga orang lain sulit untuk mengambil maupun membawanya. Pastikan juga Anda telah memarkir kendaraan di tempat yang aman, misalnya di tempat yang memang ada penjaga parkirnya.

Sementara bagi kendaraan roda empat, selalu pastikan juga bahwa kendaraan Anda sudah terkunci saat Anda memarkirkannya. Hal ini penting, agar apabila terjadi pencurian, sensor alarm akan berbunyi dan membuat suara bising yang bisa memancing petugas keamanan untuk menghampiri.

Simpan Nomor Darurat

Polda Metro Jaya telah menyebarkan nomor darurat kepolisian di seluruh Jabodetabek. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa segera menghubungi polisi di saat tindak kejahatan terjadi, agar bisa teratasi dengan cepat. Catat dan simpan nomor tersebut ya, Moms! (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: kriminalitas,   covid-19,   pandemi










Cover April 2020