Mother&Baby Indonesia
Yuk, Ajak Anak Belajar di Rumah Lewat Tayangan TVRI!

Yuk, Ajak Anak Belajar di Rumah Lewat Tayangan TVRI!

Di tengah pandemi virus corona, pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah guna mencegah meluasnya wabah virus tersebut. Sebagai gantinya, anak-anak melakukan kegiatan belajar dari rumah secara online.

Meskipun begitu, aktivitas belajar online tidak bisa berjalan dengan lancar di sejumlah daerah karena berbagai kendala geografis dan teknis, misalnya saja tidak setiap daerah memiliki akses internet yang baik.

Karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Program Belajar dari Rumah bekerjasama dengan TVRI. Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam mengakses internet agar bisa tetap bisa belajar dari rumah. Anak-anak pun bisa melakukan kegiatan belajar di rumah melalui tayangan TVRI.



Nadiem menyadari saat ini masih banyak sekolah di daerah tidak memiliki akses internet, kesulitan menggunakan teknologi hingga keterbatasan dana untuk kuota internet. “Diharapkan, Program Belajar dari Rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi," Ungkap Nadiem Makarim, seperti dilansir dari VOA Indonesia.

Program untuk Anak Maupun Orang Tua

TVRI akan menyiarkan Program Belajar dari Rumah selama kurang lebih tiga bulan setiap harinya, dimulai sejak 13 April, dengan program materi belajar untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan pelajaran umum.

Pelaksana Harian Direktur Program dan Berita TVRI Usrin Usman menjelaskan bahwa Program Belajar dari Rumah melalui tayangan di TVRI akan dimulai pada pukul 8 pagi hingga 23.00 dengan diselingi program-program TVRI. Selain diisi dengan program pembelajaran, juga akan disajikan program bimbingan untuk orang tua dan guru serta tayangan kebudayaan pada akhir pekan.



"Untuk masyarakat Indonesia, terutama anak didik kita, penayangan jam pendidikan melalui layar TVRI, kerjasama TVRI dengan Kemendikbud itu akan dilakukan sejak Senin sampai dengan Jumat. Pukul 8-8.30 adalah materi untuk PAUD dan sederajat, pukul 8.30-9.00 untuk kelas 1-3 SD dan sederajat, pukul 9.00-9.30 untuk kelas 4-6 SD dan sederajat, pukul 9.30-10.00 untuk SMP dan sederajat, pukul 10.00-10.30 untuk SMA dan sederajat, pukul 10.30-11.00 berisi pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru” jelas Usrin.

Nah, Anda juga bisa ajak anak Anda untuk belajar di rumah lewat tayangan TVRI, Moms! (Binar MP/SW/Dok. Freepik)







Tags: tvri,   program belajar dari rumah,   kementerian pendidikan dan kebudayaan










Cover April 2020