Mother&Baby Indonesia
Podcast Jadi Media Belajar Baru untuk Anak

Podcast Jadi Media Belajar Baru untuk Anak

Seorang anak tentu dapat mempelajari banyak hal dari mana saja. Tak hanya melalui buku atau bermain, tetapi juga lewat media yang umumnya digunakan oleh orang dewasa. Salah satuedia tersebut adalah podcast, yang lebih dikenal sebagai rekaman suatu program radio atau televisi yang bisa didengar berulang kali.

Namun, sekarang podcast sudah menjadi media yang lebih maju, di mana pembahasannya tak hanya sekadar rekaman siaran ulang. Banyak dari Anda sebagai pengguna internet yang akhirnya membuat sebuah episode atau segmen sebuah podcast untuk membahas satu topik khusus, termasuk bahan ajar untuk anak-anak.

Podcast Untuk Anak

Menurut survei dari Daily Social pada 2018, mayoritas pendengar podcast di Indonesia merupakan kelompok usia 20-29 tahun atau yang masuk kalangan milenial. Kondisi ini ternyata jadi ajang untuk mengembangkan podcast dengan konten khusus bagi anak-anak. Badan Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK), menyebutkan bahwa di 2018 saja sudah ada ratusan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menerapkan pembelajaran berbasis podcast.



Konten ini bisa diakses pada situs Radio Edukasi, yang langsung dipegang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta sudah mulai dikembangkan sejak 2014. materi pembelajarannya ditujukan untuk anak-anak dan guru, terutama yang tinggal di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

Podcast sebagai media audio pembelajaran yang dikembangkan BPMRPK Kemdikbud ini dirancang untuk dapat diunduh dan didengarkan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik,” jelas peneliti BPMRPK Faiza Indriastuti dan Wawan Tri Saksono dalam, dilansir dari KBR.id.

Hingga saat ini, BPMRPK sudah memiliki ribuan konten podcast. Tak hanya bertemakan edukasi, tetapi juga penggabungan dengan hiburan (edutainment). Dengan adanya konten e-learning berbasis podcast ini, diharapkan bisa melatih imajinasi anak dengan konsep yang lebih dinamis dan efektif tentunya.

Rekomendasi Podcast Anak


Selain Radio Edukasi milik pemerintah RI, sebenarnya ada banyak konten podcast yang bisa Moms dengarkan bersama Si Kecil. Isinya pun mudah dipahami dengan cerita-cerita seru yang sarat akan makna serta bincang seru antara host dengan bintang tamunya. Intip rekomendasinya sebagai berikut:

Dongeng Anak Masa Kini



Konten satu ini dibuat oleh Happy Kids Project, milik Kak Ana (@analiatan), Kak Budi (@budikristanda) dan Kak Mandy (@deliciamandy). Episode yang tayang setiap minggu dan bisa didengarkan melalui Spotify ini berisi dongeng-dongeng dari berbagai negara. Selain mengembangkan kemampuan bahasa dan bendahara kata, imajinasi Si Kecil juga bisa terlatih, nih.

Riri Cerita Anak Interaktif 

RIRI adalah sebuah media yang menyampaikan cerita dengan gaya yang menarik, interaktif, orisinil, dan selalu baru. Tak hanya hadir sebagai aplikasi, RIRI juga bisa didengarkan melalui platform seperti Apple Podcast dan YouTube yang bisa dinikmati oleh anak Anda, Moms.

BBC Young Musician

Bagi Anda yang ingin mengasah bakat musik Si Kecil, konten podcast dari BBC bisa menjadi pilihan. Dibawakan oleh host Jess Gillam, Anda bisa mendengarkan hasil karya serta cerita musisi-musisi muda yang berprestasi dan bisa memotivasi anak Anda untuk juga menjadi musisi di masa depannya.

CBeebies Radio Podcast

Ini dia satu lagi konten podcast yang tersaji khusus untuk Si Kecil. Cbeebies sendiri merupakan sebuah stasiun televisi yang menayangkan acara-acara animasi yang memang diperuntukkan bagi anak-anak usia 0 sampai 5 tahun. Pada podcast yang ditayangkan, anak Anda dapat mendengarkan musik dan cerita yang menenangkan serta meningkatkan daya imajinasi mereka. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   anak,   balita,   podcast,   belajar










Cover April 2020