Mother&Baby Indonesia
Cara Membersihkan Belanjaan saat Pandemi COVID-19

Cara Membersihkan Belanjaan saat Pandemi COVID-19

Semenjak virus corona mewabah di Indonesia, pemerintah mengimbau masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah demi mengurangi risiko penyebaran virus tersebut. Tapi tak dipungkiri bahwa ada saja beberapa hal mendesak yang mengharuskan Anda keluar rumah, misalnya harus ke dokter, atau belanja kebutuhan rumah Anda.

Namun menurut laman Healthline, ada hal mendesak yang mengharuskan Anda keluar rumah yang justru berisiko besar terjadinya penyebaran virus COVID-19, yaitu bila Anda keluar rumah untuk pergi berbelanja ke pasar atau supermarket guna membeli kebutuhan pokok di rumah.

Risiko Besar saat Belanja di Supermarket

Menurut Charlotte Baker, DrPH, MPH, asisten profesor epidemiologi di Virginia-Maryland College of Veterinary Medicine di Blacksburg, Virginia, risiko terbesar saat Anda belanja di supermarket adalah terjadinya kontak dengan orang lain yang sakit. Saat inilah sebisa mungkin Anda harus menerapkan physical distancing demi mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19.



Tak hanya itu, saat berbelanja mungkin sulit bagi Anda untuk memastikan apakah barang yang dijual bersih dan tidak terkontaminasi oleh virus. Mengingat barang yang dijual mungkin sudah dipegang oleh konsumen lain, atau bahkan kemungkinan adanya orang yang batuk atau bersin di sekitar barang yang dijual. Pasalnya berdasarkan studi di New England Journal of Medicine, virus COVID-19 dapat hidup pada plastik dan stainless steel hingga 72 jam, sedangkan pada kardus selama 24 jam.

Cara Membersihkan Belanjaan Anda

Meski demikian, Anda tetap bisa mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19 setelah berbelanja di supermarket dengan membersihkan semua barang belanjaan Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan saat membersihkan barang belanjaan Anda setelah berbelanja di supermarket:

1. Cuci Tangan

Menurut Elizabeth L. Andress, PhD, seorang profesor makanan dan nutrisi di University of Georgia, setidaknya Anda harus mencuci tangan saat membuka barang belanjaan dan menyimpan barang belanjaan Anda.

2. Cuci Semua Belanjaan

Bila Moms khawatir adanya kontaminasi virus pada barang belanjaan Anda, ada baiknya Anda menyeka dengan kain atau mencuci barang belanjaan Anda sebelum menyimpan pada tempatnya masing-masing. Sebaiknya Moms juga membuang kemasan yang sekali pakai.

3. Bersihkan Tempat Anda Membersihkan Belanjaan

Setelah memastikan belanjaan Anda bersih, jangan lupa untuk membersihkan meja atau permukaan yang terkena barang belanjaan atau tas belanjaan Anda.



4. Cuci Tas Belanja

Bila Moms menggunakan tas belanja berbahan kain, jangan lupa untuk mencuci tas belanja tersebut dan pastikan tas belanja sudah kering sepenuhnya sebelum Anda menggunakannya kembali.

Menggunakan Teknik Steril

Selain cara-cara di atas, mungkin Moms bisa mengikuti cara membersihkan belanjaan dengan teknik steril yang telah dimodifikasi dan direkomendasikan oleh Dr. Jeffrey VanWingen, seorang dokter keluarga yang berpraktik di Grand Rapids, Michigan, seperti berikut:

1. Meninggalkan barang belanjaan Anda di garasi atau teras Anda selama setidaknya 72 jam untuk memungkinkan virus tersebut telah mati.

2. Menyiapkan area khusus untuk membersihkan barang belanjaan demi mengurangi risiko kontamniasi virus.

3. Lalu, membersihkan semua barang kemasan dengan disinfektan sebelum menyimpan belanjaan Anda pada tempatnya. Tak lupa untuk membuang kemasan dan memindahkan makanan ke kantong atau wadah bersih.

4. Mencuci atau menggosok buah-buahan dan sayuran minimal selama 20 detik dengan sabun dan bilas dengan air bersih sebelum disimpan.

Nah, Moms kira-kira cara mana yang akan Anda pakai? (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   belanja,   membersihkan barang belanjaan










Cover April 2020