Mother&Baby Indonesia
Tips Berbelanja Aman agar Terhindar dari Virus Corona

Tips Berbelanja Aman agar Terhindar dari Virus Corona

Wabah virus corona yang tengah melanda membuat masyarakat merasa takut keluar rumah untuk beraktivitas. Mereka pun lebih memilih tinggal di rumah. Namun bagaimana jika persediaan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari di rumah sudah mulai menipis? Mau tidak mau Anda tentu perlu pergi ke supermarket untuk berbelanja.

Belanja kebutuhan sehari-hari merupakan kebutuhan yang harus kita lakukan, entah seminggu sekali ataupun sebulan sekali. Apalagi selama #DiRumahAja, Moms tentunya lebih sering memasak sendiri makanan untuk keluarga ketimbang membeli di restoran atau tempat makan lainnya.

Pertanyaannya, amankah kita keluar rumah untuk berbelanja di masa seperti ini? Memang, Anda juga bisa memilih untuk belanja secara online, tapi tidak semua barang yang kita perlukan bisa dipesan secara online.




Baca Juga: Sering Menyimpan Struk Belanja? Waspada bahayanya Moms!


Sebenarnya, selama kondisi kesehatan Anda baik-baik saja dan tidak mengalami masalah apa pun, pergi keluar rumah untuk berbelanja masih aman untuk dilakukan. Hanya, memang ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berbelanja agar Anda merasa aman, Moms.

1. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat

Jika Anda ingin pergi keluar untuk berbelanja, pastikan terlebih dulu kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Jika Anda sedang tidak fit, maka lebih baik tunda dulu pergi berbelanja pada hari itu. Lakukan juga tindakan pencegahan yang diperlukan untuk berjaga-jaga dari kemungkinan paparan virus corona, seperti memakai masker, mencuci tangan atau membawa hand sanitizer, saat akan pergi berbelanja.

2. Buat catatan belanja

Untuk menghemat waktu dan tidak berlama-lama di supermarket, buatlah terlebih dulu catatan berupa barang-barang apa yang akan Anda beli. Cara ini efisien untuk membuat Anda tidak perlu berlama-lama di supermarket sehingga risiko terpapar virus juga lebih rendah.


Baca Juga: Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Belanja Bersama


3. Hindari belanja di jam sibuk

Sebisa mungkin, hindari berbelanja di jam-jam sibuk. Pilihlah belanja di luar jam sibuk agar Anda bisa meminimalisir kontak dengan orang banyak. Anda bisa berbelanja di pagi hari, misalnya, di mana belum ada terlalu banyak orang di supermarket. Selain itu, jika memungkinkan, hindari menggunakan transportasi publik saat bepergian.



4. Jangan bawa anggota keluarga

Untuk alasan keamanan serta mempersingkat aktivitas belanja, Moms sebaiknya pergi seorang diri dan tidak membawa anak atau anggota keluarga yang lain. Titipkan Si Kecil pada orang yang Anda percaya selama Anda keluar untuk berbelanja. Pergi sendiri akan membantu mengurangi risiko jumlah orang atau keluarga yang bisa terpapar virus.


Baca Juga: 6 Cara Cerdas agar Belanja Bulanan Tidak Over Budget


5. Bawa tisu pembersih

Saat tiba di supermarket, gunakan tisu pembersih untuk membersihkan bagian-bagian yang sering disentuh orang-orang, misalnya pegangan troli atau keranjang belanja. Jangan lupa juga untuk selalu mengenakan masker ya, Moms. Sebisa mungkin, hindari juga menyentuh benda-benda kecuali Anda merasa perlu menyentuh atau memegangnya.

6. Jaga jarak dan hindari kontak

Selama berbelanja, Moms harus ingat untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain. Jangan berdiri terlalu dekat dan hindari interaksi sosial yang tidak perlu. Pastikan Anda menjaga jarak sesuai imbauan dalam physical distancing, yakni minimal 1 meter, begitu pula saat antre di kasir. Sebaiknya pilih pembayaran non tunai untuk menghindari menyentuh uang yang mungkin telah disentuh oleh orang banyak secara langsung. Ingat juga, jangan coba-coba menyentuh area wajah, terutama mulut, hidung, dan mata selama berbelanja guna mencegah penularan virus, bakteri, atau kuman masuk ke tubuh Anda.


Baca Juga: Kiat agar Moms Cerdas Belanja Online


7. Cuci tangan dan barang usai berbelanja

Setelah berbelanja dan keluar dari supermarket, cucilah tangan Anda atau bersihkan dengan hand sanitizer yang Anda bawa. Sampai di rumah, bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir. Ganti juga pakaian yang Anda kenakan dan taruh di tempat cucian. Jangan lupa juga untuk membersihkan dan mencuci barang belanjaan Anda setelah dikeluarkan dari tas belanja. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   pergi belanja,   virus corona,   belanja saat pandemi










Cover April 2020