Mother&Baby Indonesia
7 Tanaman Anti-Polutan untuk Dekorasi Ruangan Anda

7 Tanaman Anti-Polutan untuk Dekorasi Ruangan Anda

Moms, yuk, dekorasi ulang ruangan-ruangan di rumah Anda dengan tanaman hias yang bisa menambah kesan segar dan sedap dipandang. Tak hanya itu, sejumlah tanaman hias juga bermanfaat untuk menangkap racun dan polutan yang ada di udara lho, Moms! Jadi, selain mempercantik ruangan, tanaman-tanaman itu bisa membantu membersihkan kualitas udara di rumah Anda. Nah berikut ini 7 tanaman anti-polutan yang bisa Moms tanam di dalam rumah.


Baca Juga: 8 Tanaman Ini Mampu Cegah Corona Masuk Ke Dalam Rumah!




Sirih Gading

Tanaman menjalar sirih gading atau yang bernama latin Epipremnum aureum merupakan tanaman dalam ruangan yang mudah tumbuh dan mampu melawan racun. Tanaman ini mampu menghilangkan racun xilena, benzena, formaldehida, dan trikloroetilena. Tanaman ini juga cocok untuk mempercantik rak di sudut ruangan Anda.

Lidah Mertua


Tumbuhan satu ini sudah sangat populer, karena dianggap bisa menyerap polusi yang ada di udara. Tanaman bernama Latin Sansevieria ini ternyata memiliki banyak nama berbeda di dunia. Di Indonesia dikenal sebagai lidah mertua dan pedang-pedangan, sementara nama internasionalnya ada snake plant, snake tongue, dan devil’s tongue. Berdasarkan penelitian NASA pada tahun 1999, diketahui bahwa tanaman ini dapat menyerap berbagai racun seperti formaldehida, benzena, dan trikloroetilena.


Baca Juga: 13 Cara Hindarkan Penyakit dengan Detoks Rumah Anda


Tanaman Pakis

Tanaman pakis adalah salah satu kelompok tanaman yang juga sangat populer dan sering dijadikan tanaman hias. Tanaman paku ini tersebar di seluruh bagian dunia. Pakis dapat membantu mengatasi polusi udara. Tanaman ini mampu menghilangkan racun formaldehida dan xilena yang tentunya bisa membantu membersihkan kualitas udara di dalam ruangan Anda ya, Moms!

Peace Lily


Tanaman peace lily selain cantik juga bagus untuk membersihkan udara. Tak perlu khawatir, karena perawatan tanaman satu ini tidak rumit lho, Moms! Anda hanya perlu perhatikan penempatannya. Tanaman hias bunga yang terkenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida ini perlu cahaya dan kelembapan tinggi untuk tumbuh subur. Daunnya perlu sering disemprot dengan air hangat.




Baca Juga: Yuk, Bersih-Bersih Rumah!


Spider Plant


Moms, tanaman spider plant ini pasti akan mempercantik ruang tamu atau keluarga Anda! Spider plant juga dapat membantu membersihkan udara dari formaldehida yang disebabkan asap knalpot dan tembakau. Selain itu tanaman ini juga membuat udara lebih lembap.


Baca Juga: Kurangi Polutan di Rumah


Lidah Buaya (Aloe Vera)


Lidah buaya atau Aloe vera memang lebih dikenal akan manfaat kesehatannya untuk perawatan rambut dan juga wajah. Namun sebetulnya, lidah buaya juga sangat cocok dijadikan tanaman hias dalam atau pun luar ruangan karena kemampuannya dalam menyaring polutan di udara. Cara merawat lidah buaya pun cukup mudah karena tidak memerlukan banyak air dan cahaya matahari. Sangat cocok dijadikan tanaman hias di rumah minimalis.


Baca Juga: 10 Cara untuk Detoks Rumah Anda


Karet Hias


Karet hias, atau Ficus robusta adalah salah satu tanaman hias yang kegunaannya menyerap formaldehida dan menghasilkan oksigen. Daunnya berwarna hijau muda, dan saat dipegang teksturnya kenyal. Oleh karena itu, pohon yang satu ini juga dikenal dengan sebutan rubber plant. Karet hias sebaiknya tidak ditaruh di tempat terlalu terang, terutama di bawah sinar matahari. Tempatkan di dalam ruangan dengan sedikit pancaran sinar. (Binar MP/SW/Doc. Freepik)



Tags: dekorasi rumah,   tanaman hias,   tanaman anti-polutan










Cover April 2020