Mother&Baby Indonesia
Pertimbangkan 5 Hal Berikut saat Merancang Kamar Bayi

Pertimbangkan 5 Hal Berikut saat Merancang Kamar Bayi

Saat menyambut kehadiran anggota baru di rumah, tentu Moms dan pasangan telah menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan oleh Si Kecil, mulai dari popok, pakaian, bahkan mungkin kamar tidur khusus untuk buah hati Anda.

Merancang kamar tidur untuk Si Kecil memang merupakan suatu hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sehingga kamar Si Kecil bisa terlihat sempurna seperti yang Anda inginkan.

Sebelum mewujudkan kamar impian untuk Si Kecil, Moms harus memiliki desain kamar untuk bayi Anda. Selain akan menjadi gambaran bagaimana nanti kamar Si Kecil, dengan adanya desain kamar, Anda juga bisa menyesuaikan desain dengan anggaran dana yang Anda punya untuk kamar Si Kecil ini.



Setelah memiliki desain yang sesuai keinginan, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut saat merancang kamar Si Kecil, Moms.

1. Pilih Tema

Pemilihan tema sangat penting demi menemukan keseimbangan antara kepraktisan dan tren. Salah satu cara untuk menentukan tema kamar Si Kecil adalah dengan memilih menggunakan desain netral untuk bayi laki-laki maupun perempuan pada dinding. Anda bisa pula menggunakan mural-mural berukuran besar, atau nuansa alam pada kamar Si Kecil.


Baca Juga: Inspirasi & Tips untuk Menata Kamar Bayi Kekinian


2. Sesuaikan Cahaya Kamar

Saat membuat kamar Si Kecil, sebisa mungkin Anda mempertimbangkan pencahayaan di kamarnya nanti. Tentu akan menjadi hal baik bila kamar bayi Anda memiliki suasana yang cukup gelap demi mendukung kebiasaan tidurnya baik siang dan malam hari. Anda bisa meminimalkan pantulan cahaya yang masuk meski kamar dalam keadaan terbuka dengan memasang kain berlipat sebagai gorden.


Baca Juga: Manfaat Tidur dengan Lampu Redup bagi Newborn




3. Pastikan Kamar Bayi Memudahkan Kegiatan Anda

Bila memungkinkan, Anda bisa menaruh kulkas kecil, pensteril botol dan penghangat, serta membuat sudut kecil sebagai area makan yang mudah diakses sehingga dapat mengurangi waktu Anda untuk berjalan ke dapur. Hal ini juga akan bisa membuat Moms merasa lebih santai, cukup istirahat setelah melahirkan, dan bayi pun bahagia.


Baca Juga: Bebas Berkreasi, Ciptakan Kamar yang Nyaman untuk Anak


4. Utamakan Keamanan

Keamanan di kamar bayi Anda menjadi prioritas utama. Dengan mendesain ruang yang aman sejak awal, Moms dapat memperhitungkan berbagai hal seperti bahaya perjalanan, sudut tajam, hingga memastikan penutup jendela aman untuk anak dan bebas kabel.


Baca Juga: Perhatikan Fengshui Kamar Si Kecil


5. Pastikan Semua Barang Mudah Dijangkau

Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika merancang kamar bayi Anda adalah menjaga semua barang (popok, handuk, atau tempat sampah) mudah diakses dari satu titik pusat di kamar Si Kecil. Dengan meletakkan barang-barang yang mudah dijangkau, hal tersebut dapat membantu memudahkan Moms dalam menjalankan tugas merawat Si Kecil. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kamar bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020