Mother&Baby Indonesia
Tips Aman Terima Paket di Tengah Pandemi

Tips Aman Terima Paket di Tengah Pandemi

Penyebran COVID-19 bisa kita cegah dengan melakukan social distancing dan tetap berada di di rumah. Maka, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti ketersediaan pasokan makanan hingga peralatan rumah tangga, belanja secara online menjadi salah satu solusi. Pertanyaannya, apakah paket yang sampai ke rumah Anda aman dari paparan virus corona?

Karena jika tidak waspada, paket yang datang dari luar tersebut bisa menularkan virus secara tidak disadari kepada orang-orang di rumah Anda. Untuk mengantisipasinya, Moms bisa melakukan tips berikut ini ketika paket Anda datang ke rumah!

Terima Paket Tanpa Kontak

Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan kurir pengantar paket Anda, karena kontak langsung dengan orang lain merupakan penularan utama virus corona. Anda bisa menaruh kotak di depan rumah khusus untuk barang-barang yang Anda beli secara online, jadi kurir bisa meletakkan paket tersebut di kotak yang telah Anda persiapkan sebelumnya.



Buka Paket di Luar Rumah

Ketika paket sudah diterima, sebaiknya langsung buka paket saat itu juga. Moms bisa membuka paket ketika masih di luar rumah, agar kondisi dalam rumah tetap terjaga dari risiko terpapar virus corona.

Buang Sampah Bungkus Paket

Setelah membukanya, segera buang bungkus paket ke tempat sampah yang juga terdapat di luar rumah ya, Moms!



Semprot Barang dengan Cairan Disinfektan

Semprot permukaan luar barang tersebut atau bungkus plastiknya dengan cairan disinfektan. Semprot cairan disinfektan kemudian tunggu 5-6 menit, lalu bersihkan.

Segera Cuci Tangan

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan menyentuh wajah saat memegang paket. Selain itu, cuci tangan Anda sesudah memegang paket. Setelah membuka keseluruhan paket, segeralah mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir. Cara mencuci tangannya sesuai anjuran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), yaitu selama 20 detik. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: virus corona,   covid-19