Mother&Baby Indonesia
Wajib! Lakukan Langkah Ini ketika Anda Sampai di Rumah

Wajib! Lakukan Langkah Ini ketika Anda Sampai di Rumah

Bepergian ke luar rumah menjadi hal yang harus dihindari sejak merebaknya virus COVID-19. Namun, ada kalanya Moms harus tetap keluar rumah karena urusan tertentu, seperti untuk membeli stok bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga.

Ketika Anda harus pergi keluar rumah di tengah pandemi COVID-19, ada protokol yang wajib Moms terapkan untuk melindungi keluarga di rumah dari ancaman paparan dan infeksi virus tersebut. Anda harus melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menghentikan penyebaran virus yang mungkin Anda bawa dari luar.

Baca: Ini Cara Menjaga Diri Anda & Keluarga dari Virus Corona



1. Buka Sepatu di Depan Pintu

Ketika sampai di rumah, sebelum Anda memasuki area dalam rumah, terlebih dahulu bukalah sepatu di depan pintu. Jangan membawa sepatu masuk ke dalam rumah apalagi menggunakan sepatu di dalam area rumah Anda.

2. Semprot Disinfektan

Selanjutnya, tuangkan atau semprotkan alkohol disinfektan pada sepatu yang telah Anda gunakan tersebut. Anda juga wajib menyemprotkan disinfektan pada pakaian yang dikenakan, ponsel, kacamata, dan berbagai benda yang Anda bawa serta saat keluar rumah.

Baca Juga: Panduan Disinfeksi Mandiri untuk Mencegah Virus Corona

3. Buang Semua Tanda Terima Pembelian

Ketika pergi keluar rumah, khususnya ketika belanja, Anda mungkin sempat menerima berbagai kertas atau tanda terima pembelian, kuitansi, bon, atau kertas yang tidak lagi diperlukan. Sebaiknya Anda terlebih dahulu membuang benda-benda tersebut ke tempat sampah sebelum memasuki rumah.

4. Jangan Menyentuh Apa pun

Masuki rumah dengan bertelanjang kaki. Jangan menyentuh barang apa pun yang ada di dalam rumah sebelum mencuci tangan sampai bersih. Jangan coba-coba untuk duduk atau merebahkan diri di kursi, sofa, ataupun tempat tidur dalam kondisi masih menggunakan pakaian yang dikenakan saat bepergian. Hindari juga kontak dengan anak-anak atau anggota keluarga lainnya sebelum mandi dan berganti baju.



Baca Juga: Fakta yang Perlu Diketahui Seputar Penderita Corona

5. Langsung Mencuci Tangan

Tempat yang dituju ketika masuk rumah adalah keran agar Anda bisa langsung mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir hingga bersih.

6. Ganti Pakaian

Buka pakaian dan langsung tempatkan pakaian kotor di keranjang untuk siap dibawa ke mesin cuci. Jangan menggantungnya di kamar, apalagi menggunakannya kembali esok hari.

Baca Juga: 10 Mitos Seputar Corona dan Faktanya Menurut WHO

7. Segera Mandi

Selanjutnya, segeralah mandi dan membersihkan tubuh dari ujung kepala sampai kaki hingga bersih. Anda dianjurkan untuk membersihkan tubuh bagian atas terlebih dahulu, lalu turun ke area tubuh bagian bawah secara berurutan. Hal ini akan memungkinkan sabun membersihkan area tubuh secara merata. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: virus corona,   covid-19,   keluarga,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020