Mother&Baby Indonesia
7 Tips Agar Tetap Produktif saat Bekerja #DiRumahAja

7 Tips Agar Tetap Produktif saat Bekerja #DiRumahAja

Imbauan pemerintah untuk melakukan aktivitas di rumah, baik belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah semakin digalakkan sejak kasus pandemi virus corona atau COVID-19 merebak di Indonesia. Tagar #DiRumahAja pun semakin digencarkan demi mencegahnya penyebaran virus tersebut.

Dengan adanya imbauan tersebut, tidak hanya sekolah yang terlebih dahulu meliburkan anak didiknya, banyak pula perusahaan yang akhirnya menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home bagi para karyawannya.

Rasa senang mungkin sempat menghinggapi Anda ketika diharuskan bekerja #DiRumahAja. Namun jangan sampai terlena dengan suasana serba santai yang terasa saat Anda bekerja dari rumah ya, Moms! Anda tetap harus produktif bekerja dari rumah dengan melakukan beberapa tips berikut:



1. Ciptakan Mood yang Bagus

Untuk menciptakan mood yang bagus, mulailah hari Anda dengan melakukan hal yang positif. Setelah bangun dari tidur, tak ada salahnya Moms menikmati teh atau kopi sembari mendengarkan musik favorit Anda di pagi hari atau membaca kutipan penyemangat yang dapat memotivasi Anda untuk semangat bekerja. Setelah itu, Anda bisa mandi, lalu kenakan pakaian yang nyaman sehingga Anda siap mengerjakan pekerjaan Anda. Ingat Moms, semakin pagi Anda bekerja, maka pekerjaan Anda juga semakin cepat selesai.


Baca Juga: 4 Olahraga yang Efektif Membangkitkan Mood Anda


2. Beri Pengertian pada Keluarga

Bekerja di rumah dengan adanya anggota keluarga lain bisa menjadi tantangan sendiri bagi Anda. Namun agar Moms tetap bisa bekerja, Anda bisa memberikan pengertian tentang pekerjaan pada suami dan anak-anak Anda secara baik-baik sehingga Moms tetap mendapat ruang dan waktu yang cukup untuk bekerja di rumah.


Baca Juga: Trik Agar Tenang Bekerja di Rumah


3. Pastikan Ruang Kerja Nyaman

Agar lebih fokus pada pekerjaan, pastikan Moms memiliki ruang khusus di rumah yang bisa digunakan sebagai ruang kerja Anda. Dengan memiliki ruang kerja sendiri, Moms juga akan bisa meminimalisir gangguan yang mungkin Anda dapatkan ketika bekerja di rumah. Bila tak ada ruang yang memungkinkan untuk dijadikan tempat kerja, Moms bisa menciptakan pojok atau sudut ruangan yang nyaman untuk Anda bekerja di rumah.


Baca Juga: 15 Tips Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui




4. Buat Jadwal Kerja

Sebagai ibu rumah tangga, tentu Anda juga memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan. Agar tidak bercampur aduk dengan pekerjaan di kantor, ada baiknya Moms membuat jadwal yang jelas antara pekerjaan rumah dan pekerjaan Anda di Kantor. Misalnya dari jam 6 pagi Anda sudah membuatkan sarapan untuk keluarga, sehingga saat jam kantor sekitar pukul 9 pagi hingga 5 sore Anda bisa bekerja. Jangan lupa menggunakan waktu istirahat Anda untuk sekadar memasak hidangan makan siang atau makan siang bersama keluarga.

5. Hindari Menunda Pekerjaan

Meski Moms merasa memiliki waktu yang panjang dan leluasa saat bekerja di rumah, jangan sampai hal tersebut membuat Anda menunda-nunda pekerjaan ya, Moms. Disiplinlah dan maksimalkan waktu bekerja Anda seperti sedang bekerja di kantor agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Moms bisa membuat daftar seluruh pekerjaan dan berikan keterangan sesuai deadline pekerjaannya. Oh ya, batasi pula waktu untuk bermain media sosial ya, Moms, agar Anda bisa lebih fokus menyelesaikan pekerjaan Anda.


Baca Juga: Bekerja di Rumah, Ini Strateginya


6. Tingkatkan Komunikasi dengan Rekan Kerja

Dengan dukungan teknologi yang sudah canggih seperti sekarang, Moms tetap bisa meningkatkan komunikasi yang baik dengan rekan kerja Anda. Anda bisa berkomunikasi melalui chat, group chat, video call, atau aplikasi yang memungkinan kegiatan rapat bersama tim Anda secara online.


Baca Juga: 8 Etika Online Meeting saat Bekerja dari Rumah


7. Tetap Lakukan Rutinitas Harian dan Jaga Kebersihan

Meski Anda tidak harus bangun lebih pagi dari biasanya karena bekerja di rumah, sebaiknya Moms tidak melewatkan sarapan atau olahraga seperti yang Moms lakukan sehari-hari. Pastikan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih yang cukup. Jangan lupa pula untuk selalu cuci tangan demi menjaga kebersihan. (Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik)



Tags: keluarga,   dirumahaja,   kerja di rumah,   work from home