Mother&Baby Indonesia
Tips Aman Pesan Makanan Online di Masa Pandemi

Tips Aman Pesan Makanan Online di Masa Pandemi

Memesan makanan secara online tentu sudah lazim kita lakukan pada kehidupan sehari-hari ya, Moms! Namun amankah memesan makanan secara online dalam situasi merebaknya wabah virus corona seperti saat ini? Dan amankah makanan yang kita pesan untuk keluarga?

Ahli dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan penularan COVID-19 terjadi melalui tetesan partikel mikroskopis yang dipancarkan ketika seseorang batuk atau bersin. Penularan kontak (permukaan) tampaknya tidak sering terjadi dengan COVID-19, dan tidak ada bukti sama sekali bahwa penularannya melalui makanan atau kemasan makanan.

Jadi, bisa dikatakan penularan COVID-19 tidak terjadi langsung melalui makanan. Tetapi, tentu saja ada hal-hal yang harus diperhatikan saat kita hendak memesan makanan secara online seperti berikut ini:




1. Pilih Restoran yang Tepercaya

Saat hendak memesan makanan secara online, pastikan terlebih dahulu untuk memilih restoran yang aman dan sudah Anda percaya sebelumnya. Jadi, Anda sudah tahu bagaimana restoran tersebut mengolah makanannya dan menjaga kualitas makanan yang disajikan karena setidaknya pernah memesan makanan di tempat tersebut sebelumnya. Memesan makanan di tempat yang belum pernah Anda coba mungkin saja bisa menimbulkan keraguan dan kekhawatiran di benak Anda mengenai cara mengolah dan menjaga kebersihannya.


2. Pilih Pembayaran Non-Tunai

Pilihan pembayaran sudah semakin beragam, untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain, Moms disarankan menggunakan pembayaran non tunai. Karena virus bisa bertahan di benda seperti kertas dan logam, maka uang bisa menjadi salah satu tempat penyebaran virus dari tangan ke tangan. Jika tidak bisa melakukan pembayaran non tunai, maka usahakan siapkan uang pas kepada kurir antar dan ojek online. Atau Moms juga bisa memberikan uang kembalian sebagai tips atas jasa mereka yang telah rela keluar rumah untuk mengantarkan makanan kita.




3. Kurangi Kontak Langsung

Ketika keluar dan hendak mengambil makanan dari kurir, kenakanlah masker untuk menjaga terjadinya penyebaran virus dan sebisa mungkin jaga jarak yang aman. Moms juga bisa menggunakan layanan contactless delivery atau pemesanan tanpa kontak yang mulai banyak disediakan oleh jasa antar demi menghindari penyebaran virus corona. Jadi Moms bisa mengurangi interaksi fisik dan kurir makanan akan meletakkan pesanan sesuai tempat yang sudah disepakati sebelumnya.


4. Selalu Cuci Tangan

Biasakan untuk selalu mencuci tangan, termasuk setelah menerima paket makanan dari kurir. Dan jangan lupa untuk kembali mencuci tangan sebelum Anda menyantap makanan. Cucilah tangan Anda dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik untuk membunuh virus dan kuman yang menempel di tangan Anda.


5. Pindahkan ke Wadah Milik Sendiri

Sebelum segera menyantap makanan, terlebih dahulu Moms harus memindahkan makanan pada wadah atau piring bersih yang ada di rumah. Kemudian segeralah buang bungkus makanan ke tempat yang benar. Bila perlu, bersihkan pula permukaan di rumah yang telah bersentuhan dengan kemasan tersebut dengan disinfektan untuk mencegah tersebarnya virus dan kuman. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: virus corona,   covid-19,   makanan online










Cover April 2020