Mother&Baby Indonesia
7 Makanan Ini Dapat Membantu Anda Mudah Tidur

7 Makanan Ini Dapat Membantu Anda Mudah Tidur

Moms, apakah Anda memiliki masalah kesulitan tidur? Bila ya, tentu hal ini sangat mengganggu, ya! Padahal kualitas tidur yang Anda dapatkan bisa memengaruhi kesehatan Anda, lho. Melansir laman Medicalnewstoday.com kualitas dan durasi tidur dapat memengaruhi beragam kondisi, seperti kegemukan, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi.

Untuk mengatasi masalah kesulitan tidur ini, Anda bisa mulai memperbaiki kebiasaan makan dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik ini dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia, asam amino, enzim, nutrisi, dan hormon tertentu.

Nah, berikut M&B berikan rekomendasi beberapa makanan yang dapat mengatasi masalah kesulitan tidur Anda dan membuat Anda jadi mudah tidur.



1. Kacang Almond

Almond mengandung melatonin dosis tinggi, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun Anda. 1 ons Almond mengandung 77 mg magnesium dan 76 mg kalsium, dua mineral yang dapat membantu meningkatkan relaksasi otot dan tidur. Selain itu Almond juga merupakan camilan malam yang menyehatkan, karena kaya akan lemak baik serta rendah gula dan lemak jenuh.

2. Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak komponen senyawa yang mendukung kualitas tidur Anda, seperti melatonin, antosianin, flavonoid, karotenoid, kalium, magnesium, folat, kalsium. Dalam sebuah penelitian kecil ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama 4 minggu mengalami peningkatan total waktu tidur dan efisiensi tidur serta memerlukan waktu tak lama untuk bisa tertidur.

3. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung beberapa senyawa yang membantu meningkatkan dan mengatur kualitas tidur seperti melatonin, serotonin, dan magnesium. Setiap 100 gram kenari juga mengandung nutrisi lain yang dapat membantu tidur, seperti 158 mg magnesium, 441 mg potasium, 98 mg folat, dan 98 mg kalsium.



4. Ceri

Makan buah ceri atau minum jus ceri tart dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Ceri kaya akan empat senyawa pengatur tidur, yaitu melatonin, triptofan, kalium, dan serotonin. Para peneliti berspekulasi bahwa antioksidan yang disebut polifenol dalam ceri juga dapat memengaruhi siklus tidur Anda. Ceri juga merupakan camilan yang baik sebelum tidur karena kaya akan serat, vitamin C, dan vitamin E.

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena merupakan sumber vitamin D dan asam lemak omega-3 yang baik, yaitu dua nutrisi yang membantu mengatur serotonin yang bertanggung jawab untuk membentuk siklus tidur dan bangun yang tetap. Dalam sebuah studi pada 2014, seseorang yang mengonsumsi 300 gram salmon tiga kali seminggu selama 6 bulan, bisa tertidur lebih cepat.

6. Sayuran Hijau

Rasanya tak sulit ya Moms, menemukan sayuran hijau di Indonesia. Sayuran hijau gelap termasuk brokoli, bayam, dan bap choi mengandung tiga mineral tidur esensial yaitu potasium, magnesium, dan kalsium yang membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

7. Pisang

Pisang mengandung kalium yang dapat merilekskan sistem saraf pusat. Selain itu, kandungan vitamin B6 juga membantu Anda untuk mudah tidur. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: tidur,   kualitas tidur,   durasi tidur,   makanan yang membantu mudah tidur,   nutrisi










Cover April 2020